PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS ISI, STRUKTUR, KEBAHASAAN SERTA MENGONSTRUKSIKAN TEKS NEGOSIASI (Eksperimen pada Kelas X Madrasah Aliyah Sirnarasa Ciceuri Kecamatan Panjalu Tahun Ajaran 2019/2020)

Kurniawati, Novi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS ISI, STRUKTUR, KEBAHASAAN SERTA MENGONSTRUKSIKAN TEKS NEGOSIASI (Eksperimen pada Kelas X Madrasah Aliyah Sirnarasa Ciceuri Kecamatan Panjalu Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER .pdf

Download (51kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (235kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (160kB)
[img] Text
4. KATA PENGANTAR.pdf

Download (242kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
6. DAFTAR TABEL.pdf

Download (87kB)
[img] Text
7. DAFTAR DIAGRAM.pdf

Download (84kB)
[img] Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf

Download (286kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf

Download (340kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)

Abstract

Teks negosiasi merupakan salah satu teks yang harus dikuasai oleh peserta didik tingkat SMA/MA Kelas X. Untuk mencapai kompetensi itu, guru harus menerapkan model pembelajaran yang efektif. Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) merupakan model yang bisa diterapkan dalam pembelajaran menganalisis isi, struktur, kebahasaan, serta mengonstruksikan teks negosiasi. Model ini memiliki kelebihan yaitu siswa tidak mudah lupa terhadap pembelajaran karena siswa membangun sendiri pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) dalam pembelajaran menganalisis isi, struktur, kebahasaan serta mengonstruksikan teks negosiasi pada peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Sirnarasa Ciceuri Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen sungguhan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes dengan populasi peserta didik kelas X MA Sirnarasa Ciceuri Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2019/2020. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji wilcoxon karena berdasarkan uji normalitas, kedua data berdistribusi tidak normal. Hasil perhitungan data pascates dalam pembelajaran menganalisis dan mengonstruksikan teks negosiasi menunjukkan bahwa W (hitung) = 0 < W (tabel) = 52 dalam taraf signifikansi 0,05. Artinya, hasil belajar yang menggunakan model SAVI lebih baik. Dengan demikian, model SAVI berpengaruh secara signifikan terhadap pembelajaran menganalisis dan mengonstruksikan teks negosiasi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Sirnarasa Ciceuri Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:29
Last Modified: 24 Nov 2021 03:29
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2966

Actions (login required)

View Item View Item