Kurniawati, Novi (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS ISI, STRUKTUR, KEBAHASAAN SERTA MENGONSTRUKSIKAN TEKS NEGOSIASI (Eksperimen pada Kelas X Madrasah Aliyah Sirnarasa Ciceuri Kecamatan Panjalu Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER .pdf Download (51kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (235kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (160kB) |
|
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf Download (242kB) |
|
Text
5. DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) |
|
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf Download (87kB) |
|
Text
7. DAFTAR DIAGRAM.pdf Download (84kB) |
|
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (83kB) |
|
Text
9. BAB I.pdf Download (176kB) |
|
Text
10. BAB II.pdf Download (286kB) |
|
Text
11. BAB III.pdf Download (340kB) |
|
Text
12. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
13. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (87kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
Abstract
Teks negosiasi merupakan salah satu teks yang harus dikuasai oleh peserta didik tingkat SMA/MA Kelas X. Untuk mencapai kompetensi itu, guru harus menerapkan model pembelajaran yang efektif. Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) merupakan model yang bisa diterapkan dalam pembelajaran menganalisis isi, struktur, kebahasaan, serta mengonstruksikan teks negosiasi. Model ini memiliki kelebihan yaitu siswa tidak mudah lupa terhadap pembelajaran karena siswa membangun sendiri pengetahuannya. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh model pembelajaran Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually (SAVI) dalam pembelajaran menganalisis isi, struktur, kebahasaan serta mengonstruksikan teks negosiasi pada peserta didik kelas X Madrasah Aliyah Sirnarasa Ciceuri Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode eksperimen sungguhan. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes dengan populasi peserta didik kelas X MA Sirnarasa Ciceuri Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2019/2020. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji wilcoxon karena berdasarkan uji normalitas, kedua data berdistribusi tidak normal. Hasil perhitungan data pascates dalam pembelajaran menganalisis dan mengonstruksikan teks negosiasi menunjukkan bahwa W (hitung) = 0 < W (tabel) = 52 dalam taraf signifikansi 0,05. Artinya, hasil belajar yang menggunakan model SAVI lebih baik. Dengan demikian, model SAVI berpengaruh secara signifikan terhadap pembelajaran menganalisis dan mengonstruksikan teks negosiasi pada siswa kelas X Madrasah Aliyah Sirnarasa Ciceuri Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 24 Nov 2021 03:29 |
Last Modified: | 24 Nov 2021 03:29 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2966 |
Actions (login required)
View Item |