PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC)

Oktapiani, Eneng Ina (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENYAJIKAN BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (34kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (5kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN.pdf

Download (82kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (87kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
7. DAFTAR TABEL.pdf

Download (10kB)
[img] Text
8. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (3kB)
[img] Text
9. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (298kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (264kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (778kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)

Abstract

Menelaah dan menyajikan teks berita merupakan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII SMP/MTS Sederajat berdasarkan kurikulum 2013 revisi. Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menelaah dan menyajikan teks berita pada peserta didik kelas VIII B MTs Rijalul Hikam Jatinagara Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik wawancara, teknik tes dan teknik dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B MTs Rijalul Hikam Jatinagara Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2019/2020. Pada siklus I pertemuan pertama KD 3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca, terdapat 9 (28,12%) peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar dan 23 (71,87%) peserta didik yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar. Sedangkan pada pertemuan kedua KD 4.2 Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, kinesik), terdapat 5 (15,62%) peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar dan 27 (84,37%) peserta didik yang sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar Kemudian pada siklus II pertemuan pertama yaitu KD 3.2 Menelaah struktur dan kebahasaan teks berita (membanggakan dan memotivasi dan KD 4.2 Menyajikan data, informasi dalam bentuk berita secara lisan dan tulis dengan memperhatikan struktur, kebahasaan, atau aspek lisan (lafal, intonasi, mimik, kinesik), seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKB yang telah ditentukan yaitu 70. Berdasarkan data tersebut, menunjukan peningkatan dari siklus I ke siklus II. Artinya hipotesis dalam penelitian ini dapat diterima. Bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan kemampuan iv peserta didik dalam menelaah dan menyajikan teks berita pada peserta didik kelas VIII MTs Rijalul Hikam Jatinagara Kabupaten Ciamis tahun ajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:11
Last Modified: 24 Nov 2021 03:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2958

Actions (login required)

View Item View Item