PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN METAKOGNISI (Penelitian Terhadap Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama di MTs Negeri 1 Tasikmalaya)

NURHASAN, ANDINI (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS MENGGUNAKAN PENDEKATAN METAKOGNISI (Penelitian Terhadap Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama di MTs Negeri 1 Tasikmalaya). Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (258kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (182kB)
[img] Text
10. BAB 1.pdf

Download (447kB)
[img] Text
11. BAB 2.pdf

Download (845kB)
[img] Text
12. BAB 3.pdf

Download (616kB)
[img] Text
13. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (531kB)
[img] Text
14. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)

Abstract

ABSTRAK ANDINI NURHASAN, 2020. Peningkatan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Menggunakan Pendekatan Metakognisi (Penelitian Terhadap Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama di MTs Negeri 1 Tasikmalaya). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik menggunakan pendekatan metakognisi tergolong kategori tinggi, bagaiamana disposisi matematis peserta didik terhadap pembelajaran menggunakan pendekatan metakognisi, dan adanya keterkaitan antara peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis dengan disposisi matematis menggunakan pendekatan metakognisi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi pada peneitian ini adalah seluruh kelas VIII di Mts Negeri 1 Tasikmalaya dengan kelas sampel yang dipilih secara acak adalah kelas VIII-4. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes kemampuan berpikir reflektif matematis dan angket disposisi matematis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melaksanakan tes kemampuan berpikir reflektif matematis dan penyebaran angket disposisi matematis. Teknik analisis data menggunakan uji satu rata-rata dan independensi dua faktor. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis peserta didik menggunakan pendekatan metakognisi tergolong kategori tinggi, disposisi matematis peserta didik dengan menggunakan pendekatan metakognisi tergolong kategori baik, dan terdapat keterkaitan antara peningkatan kemampuan berpikir reflektif matematis dengan disposisi matematis menggunakan pendekatan metakognisi. Kata kunci: Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis, Pendekatan Metakognisi, Disposisi Matematis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 23 Nov 2021 04:27
Last Modified: 23 Nov 2021 04:27
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2925

Actions (login required)

View Item View Item