PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MERINGKAS ISI TEKS EKSPLANASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Gianty, Nanda (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MERINGKAS ISI TEKS EKSPLANASI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 18 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI Nanda Gianty(152121017).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Dalam Kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII semester 1 adalah KD 3.9 Mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi berupa paparan kejadian suatu fenomena dan KD 4.9 Meringkas Isi Teks Eksplanasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan peserta didik dalam pembelajaran mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi kelas SMP Negeri 18 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ”berpengaruh secara signifikankah model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan mengidentifikasi dan meringkas isi teks eksplanasi pada peserta didik kelas SMP Negeri 18 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020?” Berdasarkan hal tersebut, maka hipotesis dalam penelitian ini adalah “model pembelajaran Think Talk Write berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi dengan menggunakan metode eksperimen sungguhan. Berdasarkan data penelitian, nilai rata-rata tes awal (pretest) dan tes akhir (postest) untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write yaitu kelas VIII D pada KD 3.9 mencapai angka 93,5 dan pada KD 4.9 mencapai angka 72,3 sedangkan di kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Direct Intruction (Pembelajaran Langsung) yaitu kelas VIII E pada KD 3.9 mencapai angka 75,5 dan pada KD 4.9 mencapai angka 69,9 . Dengan demikian, nilai rata-rata kelompok kelas yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write lebih tinggi daripada nilai rata-rata peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Direct Intruction (Pembelajaran Langsung). Berdasarkan uji wilcoxon diketahui bahwa Whitung = 0 <Wtabel =107,27 Artinya model pembelajaran Think Talk Write berpengaruh terhadap kemampuan mengidentifikasi dan meringkas isi teks eksplanasi pada peserta didik kelas SMP Negeri 18 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 22 Nov 2021 07:07
Last Modified: 22 Nov 2021 07:07
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2895

Actions (login required)

View Item View Item