PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU EKONOMI, IKLIM SEKOLAH DAN DISIPLIN PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPS DI SMA NEGERI 10 TASIKMALAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

WULAN, DEVI RATNA (2021) PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU EKONOMI, IKLIM SEKOLAH DAN DISIPLIN PESERTA DIDIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X IPS DI SMA NEGERI 10 TASIKMALAYA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
DEVI RATNA WULAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Pencapaian prestasi belajar harus didukung oleh factor internal dan eksternal, dalam penelitian ini faktor yang diteliti untuk menunjang prestasi belajar ialah kreativitas mengajar guru, iklm sekolah dan disiplin peserta didik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kreativitas mengajar guru ekonomi, iklim sekolah dan disiplin peserta didik terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X IPS di SMAN 10 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode survei dengan desain ex post facto. Populasi merupakan seluruh peserta didik kelas X IPS tahun pelajaran 2019/2020 di SMAN 10 Tasikmalaya dengan Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan jumlah 100 peserta didik dan menggunakan teknik analisis berganda. Hasil analisis data menunjukan bahwa: X1 berpengaruh terhadap Y dengan nilai thitung > ttabel yaitu 3,324 > 1,98498 dan nilai signifikansi 0,001<0,05. X2 berpengaruh terhadap Y dengan thitung > ttabel yaitu 3,463 > 1,98498 dan nilai signifikansi 0,001<0,05. X3 berpengaruh terhadap Y dengan thitung > ttabel yaitu 3,257 > 1,98498 dan nilai signifikansi 0,002<0,05. Dan hasil nilai koefisien determinasi sebesar 40%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kreativitas mengajar guru ekonomi, iklim sekolah dan disiplin peserta didik terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X IPS di SMAN 10 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2019/2020. Maka disarankan untuk mempertahankan pencapaian yang sudang didapatkan terhadap tingkat prestasi belajar yang tinggi Kata Kunci : Disiplin, Iklim, Kreativitas, Prestasi belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 19 Nov 2021 07:00
Last Modified: 19 Nov 2021 07:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2852

Actions (login required)

View Item View Item