PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK PESERTA DIDIK ANTARA MENGGUNAKAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) (Penelitian di kelas VII SMPN 8 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019)

KARMILLAH, AMALIA (2019) PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK PESERTA DIDIK ANTARA MENGGUNAKAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DAN VISUALIZATION AUDITORY KINESTHETIC (VAK) (Penelitian di kelas VII SMPN 8 Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
MY SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang lebih baik antara menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, populasinya seluruh peserta didik kelas VII SMPN 8 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019, sampel diambil dua kelas secara acak untuk digunakan model pembelajaran yang berbeda. Terpilih kelas VII-F sebagai kelas eksperimen 1 yang diberikan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) sebanyak 29 orang dan kelas VII-I sebagai kelas eksperimen 2 yang diberikan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK) sebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes kemampuan komunikasi matematik dan instrumen yang digunakan adalah soal tes kemampuan komunikasi matematik. Teknik analisis data menggunakan uji beda rata-rata dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematik pada kelas model pembelajaran AIR berada pada kategori baik dan pada kelas model pembelajaran VAK berada pada kategori cukup. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai = 2,29 sedangkan nilai = 1,67 maka artinya ditolak dan diterima disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematik peserta didik yang menggunakan model Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih baik dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran Visualization Auditory Kinesthetic (VAK). Kata kunci: Auditory Intellectually Repetition (AIR), Visualization Auditory Kinesthetic (VAK), Komunikasi Matematik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Aug 2019 09:05
Last Modified: 13 Aug 2019 09:38
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/281

Actions (login required)

View Item View Item