PHOTOVOICE AS A REFLECTION TOOL IN TEACHING AND LEARNING ENGLISH PROCESS: A REFLECTIVE PRACTICE AT ONE OF THE ENGLISH COURSES

SYAFITRI DWI HARTONO, NOVIA (2019) PHOTOVOICE AS A REFLECTION TOOL IN TEACHING AND LEARNING ENGLISH PROCESS: A REFLECTIVE PRACTICE AT ONE OF THE ENGLISH COURSES. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Novia_Cover & Approval-1.pdf

Download (59kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Pernyataan.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Novia_CHAPTER I REVIEWED (1).pdf

Download (97kB)
[img] Text
Novia_CHAPTER II REVIEWED-1.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Novia_CHAPTER III REVIEWED (1).pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB 4 & 5 INSHA ALLAH (Revisi 2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)
[img] Text
Novia_REFERENCES (fix).pdf

Download (120kB)

Abstract

ABSTRAK NOVIA SYAFITRI DWI HARTONO. 2019. “Photovoice As A Reflection Tool in Teaching and Learning Process: A Reflective Practice at One of the English Courses”. Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP). Universitas Siliwangi. Tasikmalaya. Menjadi guru bahasa Inggris bukan merupakan hal yang mudah untuk dijalani. Sebagai guru bahasa Inggris, saya harus bisa melatih diri saya sendiri agar bisa menjadi guru yang profesional dimasa yang akan datang. Namun saya menemukan kesulitan selama melaksanakan proses belajar mengajar di kelas, pencampuran bahasa pada siswa, pelajaran yang dibutuhkan oleh siswa, dan manajemen kelas. Oleh karena itu, untuk mensiasati kesulitan tersebut, Saya sebagai guru melakukan refleksi terhadap pengajaran yang telah dilakukan sehingga saya dapat menghadapi kesulitan-kesulitan tersebut. Dalam penelitian ini, saya menggunakan photovoice sebagai alat refleksi. Meskipun penggunaan photovoice sudah banyak digunakan, tetapi hanya sedikit yang berfokus pada penggunaan photovoice sebagai alat refleksi untuk guru bahasa Inggris ditempat kursus. Penelitian ini berfokus pada bagaimana photovoice dapat menjadi alat refleksi untuk guru bahasa Inggris pada proses belajar mengajar dikelas. Reflective practice digunakan sebagai desain penelitian untuk merefleksi pembelajaran saya dikelas. Data diambil dengan menggunakan photovoice. Data photovoice dianalisis menggunakan SHOWED (Wang & Burris 1997) sedangkan tematic analysis (Braun & Clarke, 2006) digunakan sebagai analisis keseluruhan dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses refleksi menggunakan photovoice sebagai alat pada guru bahasa Inggris menghasilkan 2 tema, yaitu; (1) membangun kreativitas guru, and (2) membantu guru untuk memilih materi yang perlu

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 02 Sep 2021 06:58
Last Modified: 02 Sep 2021 06:58
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2713

Actions (login required)

View Item View Item