PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA DAN IMPLIKASINYA PADA PRESTASI BELAJAR (Survey Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi)

PRIANTO, RIAN (2021) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP MINAT BELAJAR MAHASISWA DAN IMPLIKASINYA PADA PRESTASI BELAJAR (Survey Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI FULL RIAN Sidang Akhir.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu mengenai indeks prestasi kumulatif (IPK) yang didaptkan oleh mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Siliwangi Tasikmalaya yang masih kurang memuaskan. Tujuan dala penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung dan pengaruh secara tidak langsung kecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap minat belajar mahasiswa dan implikasinya pada prestasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey dengan enggunakan teknik sampel Proportionate Stratified Random Sampling. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan ekonomi fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas siliwangi yang berjumlah 456 orang yang terdiri dari empat tahun angkatan. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis nilai jenjang interval kecerdasan emosional termasuk pada kategori baik, kepercayaan diri termasuk pada kategori tinggi, minat belajar termasuk pada kategori tinggi, prestasi belajar termasuk pada kategori baik. Hasil analisis jalur diperoleh persamaan regresi Z= 0,498X1 + 0,420X2 + 0,496e1 dan Y= 0,421 X1 + 0,148 X2 + 0,351Z + 0,499 e2 . Hasil analisis jalur menujukan bahwa ada pengaruh langsung kecerdasan emosional sebesar 49,8%, kepercayaan diri sebesar 42% terhadap minat belajar. Pengaruh secara langsung kecerdasan emosional sebesar 42,1%, kepercayaan diri sebesar 14,8% dan minat belajar 35,1% terhadap prestasi belajar. Pengaruh secara tidak langsung kecerdasan emosional mendapatkan nilai t hitung 3,60, kepercayaan diri t hitung 3,38, yang artinya lebih besar dari t tabel 1,97. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Kepercayaan Diri, Minat Belajar, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:22
Last Modified: 02 Sep 2021 04:22
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2695

Actions (login required)

View Item View Item