PENGARUH PENGGUNAAN CHATBOT AI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN EKONOMI (Survey SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Kelas XI 2024/2025)

GHAFIRIN, MUHAMMAD AZKA (2025) PENGARUH PENGGUNAAN CHATBOT AI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN EKONOMI (Survey SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Kelas XI 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.

[thumbnail of 2. pengesahan.pdf] Text
2. pengesahan.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of 1. cover.pdf] Text
1. cover.pdf

Download (160kB)
[thumbnail of 3. penguji.pdf] Text
3. penguji.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of 4. pernyataan.pdf] Text
4. pernyataan.pdf

Download (474kB)
[thumbnail of 5. abstrak.pdf] Text
5. abstrak.pdf

Download (235kB)
[thumbnail of 6. kata pengantar.pdf] Text
6. kata pengantar.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of 7. ucapan terimakasih.pdf] Text
7. ucapan terimakasih.pdf

Download (225kB)
[thumbnail of 8. daftar isi.pdf] Text
8. daftar isi.pdf

Download (163kB)
[thumbnail of 9. bab i.pdf] Text
9. bab i.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 10. bab ii.pdf] Text
10. bab ii.pdf

Download (296kB)
[thumbnail of 11. bab iii.pdf] Text
11. bab iii.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 12. bab iv.pdf] Text
12. bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)
[thumbnail of 13. bab v.pdf] Text
13. bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB)
[thumbnail of 14. daftar pustaka.pdf] Text
14. daftar pustaka.pdf

Download (193kB)
[thumbnail of 15. lampiran.pdf] Text
15. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of 16. biodata.pdf] Text
16. biodata.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Chatbot AI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas XI sebanyak 118 orang dengan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian terdiri dari angket skala Likert untuk mengukur variabel penggunaan Chatbot AI dan tes esai untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Chatbot AI berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 122,268 > Ftabel 3,92. Hasil Nilai Jenjang Interval (NJI) menunjukkan bahwa tingkat penggunaan Chatbot AI dan kemampuan berpikir kritis siswa sama-sama berada pada kategori tinggi. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada skala pengukuran data yang masih bersifat ordinal dan belum ditransformasi ke skala interval, serta instrumen tes berpikir kritis yang belum diuji tingkat kesukaran dan daya pembeda butir soalnya. Oleh karena itu, peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan metode eksperimen dan melakukan pengujian instrumen secara lebih mendalam agar hasil penelitian lebih akurat dan komprehensif.

Kata Kunci: Chatbot AI, Berpikir Kritis, Pembelajaran Ekonomi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: user2 user2 user2
Date Deposited: 12 Dec 2025 01:11
Last Modified: 12 Dec 2025 01:11
URI: https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2628

Actions (login required)

View Item
View Item