GHAFIRIN, MUHAMMAD AZKA (2025) PENGARUH PENGGUNAAN CHATBOT AI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN EKONOMI (Survey SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Kelas XI 2024/2025). Other thesis, Universitas siliwangi.
2. pengesahan.pdf
Download (527kB)
1. cover.pdf
Download (160kB)
3. penguji.pdf
Download (475kB)
4. pernyataan.pdf
Download (474kB)
5. abstrak.pdf
Download (235kB)
6. kata pengantar.pdf
Download (169kB)
7. ucapan terimakasih.pdf
Download (225kB)
8. daftar isi.pdf
Download (163kB)
9. bab i.pdf
Download (300kB)
10. bab ii.pdf
Download (296kB)
11. bab iii.pdf
Download (409kB)
12. bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (358kB)
13. bab v.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (246kB)
14. daftar pustaka.pdf
Download (193kB)
15. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
16. biodata.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (135kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Chatbot AI terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi penelitian meliputi seluruh siswa kelas XI sebanyak 118 orang dengan teknik sampling jenuh. Instrumen penelitian terdiri dari angket skala Likert untuk mengukur variabel penggunaan Chatbot AI dan tes esai untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear sederhana dengan bantuan program SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Chatbot AI berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai Fhitung 122,268 > Ftabel 3,92. Hasil Nilai Jenjang Interval (NJI) menunjukkan bahwa tingkat penggunaan Chatbot AI dan kemampuan berpikir kritis siswa sama-sama berada pada kategori tinggi. Penelitian ini memiliki keterbatasan pada skala pengukuran data yang masih bersifat ordinal dan belum ditransformasi ke skala interval, serta instrumen tes berpikir kritis yang belum diuji tingkat kesukaran dan daya pembeda butir soalnya. Oleh karena itu, peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan metode eksperimen dan melakukan pengujian instrumen secara lebih mendalam agar hasil penelitian lebih akurat dan komprehensif.
Kata Kunci: Chatbot AI, Berpikir Kritis, Pembelajaran Ekonomi
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 01:11 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 01:11 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2628 |
