ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM PADA MARKETPLACE SHOPEE

DIANNINGSIH, EVA (2021) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MUSLIM PADA MARKETPLACE SHOPEE. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
SKRIPSI EVA DIANNINGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Keragaman produk, harga dan promosi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen muslim di marketplace Shopee. Konsumen memilih marketplace yang menawarkan banyak pilihan, selain itu juga kelengkapan barang-barang yang ditawarkan oleh marketplace sangat dipertimbangkan. Harga merupakan cara awal bagi konsumen untuk menilai daya tarik dari suatu produk. Sedangkan informasi-informasi yang diberikan oleh perusahaan kepada penggunanya juga menarik perhatian untuk memutuskan pembelian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keragaman produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian konsumen muslim pada Marketplace Shopee baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sampel 100 responden pengguna Marketplace Shopee. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diolah dengan aplikasi SPSS versi 20.0. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: 1) Keragaman produk mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai korelasi 0,682, koefisien determinasi 46,6% dan nilai uji t 9,242; 2) Harga mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai korelasi -0234, koefisien determinasi 5,5% dan nilai uji t -2,386; 3) Promosi mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai korelasi 0,509, koefisien determinasi 25,9% dan nilai uji t 5,851; 4) Keragaman produk, harga, dan promosi mempengaruhi keputusan pembelian dengan nilai korelasi 0,745, koefisien determinasi 55,6% dan nilai uji F sebesar 38,997. Keragaman produk, harga, dan promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian baik secara parsial maupun simultan, sehingga semua hipotesis diterima. Variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian yaitu keragaman produk. Kata Kunci : Keragaman Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 21 Jun 2021 04:02
Last Modified: 21 Jun 2021 04:02
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2601

Actions (login required)

View Item View Item