ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK GIRO iB MASLAHAH PERORANGAN DI BJB SYARIAH KCP CIAMIS

Sutriyana, Yana (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK GIRO iB MASLAHAH PERORANGAN DI BJB SYARIAH KCP CIAMIS. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
YANA SUTRIYANA_171002068_FAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembukaan rekening giro iB Perorangan di Bank BJB Syariah KCP Ciamis dari tahun ke tahun mengalami stagnasi yakni masih dibawah 20 pembukaan rekening per tahunnya. Berdasarkan hal tersebut, rumusan masalah yang diambil ialah bagaimana strategi pemasaran produk giro iB Maslahah Perorangan di Bank BJB Syariah KCP Ciamis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi apa yang telah dilakukan Bank BJB Syariah KCP Ciamis terhadap produk Giro iB Maslahah. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif melalui teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Sumber data yang diperoleh yakni sumber data primer dan sekunder. Untuk menilai kepercayaan terhadap data yang diperoleh penulis melakukan uji kredibilitas data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan analisis bauran pemasaran 7P dan analisis SWOT. Hasil penelitian berdasarkan analisis menggunakan bauran pemasaran mengemukakan bahwa promosi pada produk giro tersebut masih kurang dibuktikan dengan hanya terdapat satu karyawan saja yang bertugas sebagai tenaga pemasar, promosi secara digital masih belum dilakukan bank BJB Syariah KCP Ciamis, spesifikasi produk giro secara biaya/harga sangatlah murah bila dibandingkan dengan produk grio di bank lain. Berdasarkan hasil analisis SWOT/TOWS diperoleh beberapa formula alternatif strategi dalam pemasaran produk giro iB Malahah yaitu strategi SO (mendukung strategi agresif) yaitu menjalin kerjasama untuk sosialisasi edukasi, meningkatkan buka rekening online, meningkakan biaya jasa untuk pengoptimalan e-channel, memperluas cakupan pasar. Strategi ST (mendukung strategi diversifikasi) yaitu menambah fasilitas transaksi, meningkatkan daya tarik kantor layanan. Strategi WO (mendukung strategi turn arround) yaitu memaksimalkan pemasaran secara online , menambah SDM pemasaran produk dana, menjaga hubungan dengan instansi/lembaga yang saat ini telah terjalin. Stretegi WT (mendukung straetgi defentif) yaitu meningkatkan intensitas promosi, memaksimalkan fungsi cross selling, dan memperbanyak jenis mata uang untuk membuka produk giro tersebut. Kata Kunci : Bauran Pemasaran , Analisis SWOT, Giro , Bank Syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 18 Jun 2021 03:15
Last Modified: 18 Jun 2021 03:15
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2579

Actions (login required)

View Item View Item