PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR TEKS BERITA DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII K SMP Negeri 12 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Maharani, Graceana (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR TEKS BERITA DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII K SMP Negeri 12 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
GRACEANA MAHARANI 162121022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Dalam Kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik kelas VIII SMP salah satunya yaitu kompetensi dasar 3.1 Mengidentifikasi unsur-unsur teks berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca. 4.1 Menyimpulkan isi dari berita (membanggakan dan memotivasi) yang didengar dan dibaca. Kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang belum mencapai kompetensi dasar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada kelas VIII K SMP Negeri 12 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik penelitian yang penulis gunakan adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara dengan sumber data peserta didik kelas VIII K SMP Negeri 12 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Berdasarkan data yang diperoleh diketahui bahwa pada siklus kesatu dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur teks berita terdapat sebanyak 16 orang (53%) peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan 14 orang (47%) sudah mencapai KKM, sedangkan pada siklus kedua pertemuan pertama yaitu semua peserta didik, yaitu 30 orang (100%) sudah mencapai KKM. Pada siklus kesatu dalam pembelajaran menyimpulkan isi teks berita terdapat 11 orang (37%) peserta didik yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan 19 orang (63%) sudah mencapai KKM, sedangkan pada pertemuan kedua siklus kedua yaitu 30 orang (100%) telah mencapai KKM. Berdasarkan uji wilcoxon diketahui bahwa W(hitung) (0) < W(tabel) 228,56 dalam taraf signifikasi 0,01. Artinya, terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menyimpulkan isi teks berita pada peserta didik kelas VIII K SMP Negeri 12 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020. Artinya, Hipotesis penulis diterima dan terbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Jun 2021 07:00
Last Modified: 14 Jun 2021 07:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2551

Actions (login required)

View Item View Item