Nana Navidah, Dede (2020) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGANALISIS ISI, STRUKTUR, DAN KAIDAH KEBAHASAAN SERTA MENGONSTRUKSI TEKS CERAMAH (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas XI SMA KHZ Musthafa Sukamanah tahun ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
Skripsi Dede Nana Navidah.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Kompetensi Dasar (KD) yang harus dikuasai peserta didik SMA kelas XI IPA1 berdasarkan Kuririkulum 2013 edisi revisi salah satunya yaitu kemampuan menganalisis isi struktur dan kaidah kebahasaan serta mengontruksi teks ceramah akan tetapi, kenyataannya masih banyak peserta didik yang belum mampu menganalisis isi struktur dan kaidah kebahasaan serta mengontruksi teks ceramah secara tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) meningkatkan kemampuan menganalisis dan mengontruksi teks ceramah pada peserta didik kelas XI SMA KHZ Musthafa Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dan wawancara dengan sumber data peserta didik kelas XI SMA KHZ Musthafa Tasikmalaya kelas X IPA 1 tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil pengolahan data, KKM yang telah ditetapkan untuk kelas XI adalah 75. Pada siklus I, nilai peserta didik dalam kemampuan menganalisis isi struktur dan kaidah kebahasaan teks ceramah dari 30 peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu 13 orang (43%) dan yang mencapai KKM 17 orang (67%), sedangkan nilai peserta didik dalam mengontruksi teks ceramah dari 30 peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu 13 orang (43%) dan yang mencapai KKM 17 orang (67%). Pada siklus II, nilai kemampuan menganalisis isi struktur dan kaidah kebahasaan serta mengontruksi teks ceramah dari 30 peserta didik semua mencapai KKM. Selain dengan persentase, uji statistik juga dapat membuktikan peningkatan hasil belajar peserta didik, bahwa nilai Whitung lebih kecil daripada nilai Wtabel dalam taraf signifikansi 0,01. Data-data tersebut menyatakan bahwa hipotesis tindakan dapat dibuktikan kebenarannya. Artinya, model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan menganalisis isi struktur dan kaidah kebahasaan serta mengontruksi teks ceramah pada peserta didik kelas XI SMA KHZ Musthafa Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 14 Jun 2021 06:39 |
Last Modified: | 14 Jun 2021 06:39 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2546 |
Actions (login required)
View Item |