PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH POLA PENYAJIAN DAN KEBAHASAAN TEKS IKLAN SERTA MENYAJIKAN GAGASAN, PESAN, AJAKAN DALAM BENTUK IKLAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII SMP IT Manarul Hikam Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Amdyah Rahmadani, Nurul (2021) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH POLA PENYAJIAN DAN KEBAHASAAN TEKS IKLAN SERTA MENYAJIKAN GAGASAN, PESAN, AJAKAN DALAM BENTUK IKLAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII SMP IT Manarul Hikam Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Skripsi Nurul Amdyah Rahmadani (152121062).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII SMP IT Manarul Hikam Singaparna Kabupaten Tasikmalaya berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi adalah menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan dan menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan. Meskipun demikian, masih banyak peserta didik kelas VIII SMP IT Manarul Hikam Singaparna Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 yang belum mampu menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan serta menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan di sekolah dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaraan Two Stay Two Stray meningkatkan kemampuan menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan serta menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan pada peserta didik kelas VIII SMP IT Manarul Hikam Singaparna Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik tes, dan teknik wawancara serta teknik dokumentasi dengan sumber data peserta didik kelas VIII SMP IT Manarul Hikam Singaparna Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Perolehan nilai siklus I dalam hal pengetahuan peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 19 peserta didik (60%) sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai di atas KKM 13 peserta didik (40%). Pada siklus kedua semua peserta didik sudah mencapai KKM sebanyak 32 orang (100%). Pada siklus I dalam hal keterampilan peserta didik yang memperoleh nilai di bawah KKM sebanyak 18 peserta didik (56%) dan peserta didik yang di atas KKM sebanyak 14 peserta didik (44%). Pada siklus II semua peserta didik (100%) memperoleh nilai di atas KKM. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Artinya, model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menelaah pola penyajian dan kebahasaan teks iklan serta menyajikan gagasan, pesan, ajakan dalam bentuk iklan pada peserta didik kelas VIII SMP IT Manarul Hikam Singaparna Kabupaten Singaparna tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 14 Jun 2021 05:26
Last Modified: 14 Jun 2021 05:26
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2542

Actions (login required)

View Item View Item