NURIAH, DESITA (2025) IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION BY USING THE SQ3R STRATEGY IN JUNIOR HIGH SCHOOL. Other thesis, Universitas siliwangi.
1. COVER.pdf
Download (365kB)
2. APPROVAL SHEET.pdf
Download (239kB)
3. EXAMINER PAGE.pdf
Download (218kB)
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Download (231kB)
5. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf
Download (400kB)
6. PREFACE.pdf
Download (331kB)
7. ACKNOWLEDGEMENTS.pdf
Download (336kB)
8. TABLE OF CONTENTS.pdf
Download (197kB)
9. CHAPTER 1.pdf
Download (245kB)
10. CHAPTER 2.pdf
Download (264kB)
11. CHAPTER 3.pdf
Download (300kB)
12. CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (808kB)
13. CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (228kB)
14. REFERENCES.pdf
Download (385kB)
15. ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
16. CURRICULUM VITAE.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (250kB)
Abstract
Membaca merupakan salah satu keterampilan yang penting karena membaca merupakan salah satu keterampilan bahasa inggris yang harus dicapai siswa untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris dan pengetahuan mereka. Hasil tes sebelum melakukan tindakan menunjukkan bahwa siswa masih kurang kompeten dalam menemukan informasi dari teks bacaan baik secara tertulis dan tidak tertulis. Penelitian ini menggunakan strategi SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) untuk membantu siswa meningkatkan pemahaman bacaan mereka. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 7 yang berjumlah 30 siswa dari salah satu sekolah menengah pertama di Tasikmalaya. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian yang terdiri dari 2 siklus dengan menggunakan metode analisis kualitatif dan kuantitatif menunjukkan bahwa pemahaman membaca siswa telah meningkat di siklus pertama, terdapat 19 siswa yang telah menunjukan peningkatan pemahaman bacaan dengan akumulasi 60%, pada siklus kedua terdapat 24 siswa yang menunjukan peningkatan pemahaman bacaan dengan akumulasi 80%. Selain itu partisipasi siswa menggunakan strategi SQ3R di kelas meningkat berdasarkan dari hasil observasi selama 2 siklus yang di dilakukan oleh observer.
Kata kunci: Pemahaman Bacaan, Penelitian Tindakan Kelas, Strategi SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review)
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Subjects: | P Language and Literature > PE English |
| Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
| Depositing User: | user2 user2 user2 |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 00:56 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 00:56 |
| URI: | https://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2524 |
