PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MERINGKAS ISI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020)

Syaima R, Dhea (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MERINGKAS ISI TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1._Cover skripsi Dhea (revisi).pdf

Download (79kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (28kB)
[img] Text
6._BAB 123 Dhea.pdf

Download (566kB)
[img] Text
7._BAB IV Dhea.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
8._BAB V_dapus_riwayathidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)

Abstract

Salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya berdasarkan kurikulum 2013 edisi revisi adalah mengidentifikasi informasi teks eksplanasi dan meringkas isi teks eksplanasi. Meskipun demikian, masih banyak peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020 yang belum mampu mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksposisi di sekolah dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dapat atau tidaknya model pembelajaran Team Assisted Individualization meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang penulis gunakan yaitu metode penelitian tidakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu teknik observasi, teknik wawancara, teknik tes, dan teknik dokumentasi dengan sumber data penelitian yaitu guru bahasa Indonesia dan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil pengolahan data terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Hasil pembelajaran siklus I pada aspek pengetahuan, terdapat 19 peserta didik (60%) yang mencapai KKB, dan 13 peserta didik (40%) belum mampu mencapai KKB. Sedangkan pada aspek keterampilan siklus I terdapat 23 peserta didik (73%) yang mencapai KKB, dan 9 peserta didik (27%) belum mampu mencapai KKB. Pada siklus II, pembelajaran mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi seluruh peserta didik (100%) telah mencapai KKB dengan kriteria 80. Data di atas menunjukkan bahwa hipotesis tindakan penelitian terbukti dan dapat diterima. Artinya, model pembelajaran Team Assisted Individualization mampu meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan meringkas isi teks eksplanasi pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Jun 2021 02:30
Last Modified: 09 Jun 2021 02:30
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2486

Actions (login required)

View Item View Item