ANALISIS PENERIMAAN TERHADAP PENGGUNA APLIKASI OVO MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Taufiq Suryama, Aditya (2020) ANALISIS PENERIMAAN TERHADAP PENGGUNA APLIKASI OVO MENGGUNAKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Halaman Judul .pdf

Download (34kB)
[img] Text
6.Abstrak bahasa indonesia.pdf

Download (31kB)
[img] Text
13.BAB I .pdf

Download (126kB)
[img] Text
14.BAB II .pdf

Download (392kB)
[img] Text
15.BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)
[img] Text
16.BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (480kB)
[img] Text
17.BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] Text
18.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (42kB)

Abstract

OVO adalah sebuah aplikasi yang memberikan layanan pembayaran dan transaksi secara online atau dikenal dengan istilah e-wallet. Aplikasi dompet digital juga mengusung konsep penggantian uang konvensional dengan uang elektronik yang ditandai dengan banyaknya kampanye cashless. Perubahan pada dunia bisnis terutama pada cara belanja tersebut membawa pengaruh layaknya domino effect kepada sektor keuangan, yakni pada pembayaran, maka untuk mengetahui seberapa besar tingkat penerimaan pengguna aplikasi OVO yang notabene mengusung konsep pengalihan transaksi konvensional ke transaksi digital perlu diketahui melalui pendekatan technology acceptance model (TAM). Ada dua pilihan hipotesis dalam penelitian ini. Ho: persepsi kemudahan pemakaian (perceived ease of use), persepsi kemanfaatan (perceived usefulness), tidak berengaruh positif terhadap minat perilaku menggunakan (behavior intention to use) aplikasi OVO. Ha: persepsi kemudahan pemakaian (perceived ease of use), persepsi kemanfaatan (perceived usefulness), berengaruh positif terhadap minat perilaku menggunakan (behavior intention to use) aplikasi OVO. Hasilnya menunjukkan bahwa hubungan yang terjadi antara variabel X (persepsi kemudahan pemakaian dan persepsi kemanfaatan) dengan variabel Y (persepsi minat perilaku menggunakan) dalam penerimaan aplikasi OVO pada pengunjung Area Foodcourt Asia Plaza dan Matahari Deptstore Tasikmalaya adalah 0,906. Kontribusi pengaruh variabel X dan variabel Y dalam penerimaan aplikasi OVO adalah sebesar 82,1% sedangkan 17,9% ditentukan oleh variabel lain. Hasil pengujian signifikansi (korelasi product moment pearson) didapatkan nilai tHitung = 14,863 dengan taraf signifikan 5% maka nilai tTabel 2,010. Dikarenakan tHitung lebih besar dari tTabel maka Ho ditolak sehingga Ha diterima. Kata Kunci: E-wallet, OVO, Technology Acceptance Model (TAM), Variabel

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 04 Jun 2021 06:28
Last Modified: 04 Jun 2021 06:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2438

Actions (login required)

View Item View Item