PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SUB KONSEP PERUBAHAN IKLIM GLOBAL (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X IPS SMA N 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

FEBRIAN, FITRA (2019) PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA SUB KONSEP PERUBAHAN IKLIM GLOBAL (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X IPS SMA N 10 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (122kB)
[img] Text
4. ABSTRAK INDO INGGRIS.pdf

Download (90kB)
[img] Text
6. BAB 1.pdf

Download (170kB)
[img] Text
7. BAB 2.pdf

Download (376kB)
[img] Text
8. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
9. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
11.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (221kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil belajar kognitif siswa. Hal tersebut terjadi karena dalam proses pembelajaran di sekolah, sebagian besar guru belum menciptakan suasana belajar yang menuntut siswa terlibat aktif. Penggunaan model pembelajaran sebagai perantara untuk mencapai tujuan pembelajaran masih belum dioptimalkan. Proses pembelajaran menggunakan metode yang masih konvensional membuat siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan awal yang dimilikinya dan membuat siswa kurang termotivasi dalam pembelajaran karena metode pembelajaran tersebut siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Akibatnya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi literatur. Observasi digunakan untuk memperoleh data awal tentang pelaksanaan pembelajaran. Kemudian tes pilihan ganda untuk memperoleh pencapaianya. Kemudian studi dokumentasi sebagai bukti dalam melakukan penelitian dan studi literature untuk membantu peneliti menambah dasar-dasar teori. Mata pelajaran geografi ini ada di kelas X IPS dengan jumlah 4 kelas. Sampel yang diambil sebanyak dua kelas yaitu kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol dan X IPS 4 sebagai kelas eksperimen. Setelah dilakukan serangkaian tes dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation untuk kelas eksperimen X IPS 4 mengalami peningkatan hasil belajar kognitif siswa hingga terlihat perbedaan hasil belajar kognitif siswa dengan kelas kontrol X IPS 2 yang hanya menggunakan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional mendapatkan niali rata-rata 33,3 sedangkan dengan menggunakan model pebelajaran kooperatif tipe group investigation memiliki nilai rata-rata 35,7 sehingga terdapat perbedaan sebesar 2,4 menunjukan bahwa kelas eksperimen lebih unggul dibandingkan dengan kelas kontrol. Kata kunci: Hasil Belajar Kognitif, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 27 May 2021 06:28
Last Modified: 27 May 2021 06:28
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/2409

Actions (login required)

View Item View Item