PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATERI MITIGASI BENCANA (Studi Kasus di MTs Legokjawa Kabupaten Pangandaran)

Kusnandar, Dede (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATERI MITIGASI BENCANA (Studi Kasus di MTs Legokjawa Kabupaten Pangandaran). Pascasarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (79kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (383kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (512kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (527kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar kognitif pada materi mitigasi bencana di MTs Legokjawa Pangandaran dan pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar pada materi mitigasi bencana di MTs Legokjawa Pangandaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu (quasi experiment). Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Legokjawa Kabupaten Pangandaran dengan sampel sebanyak 2 kelas yang diambil secara cluster random sampling yaitu kelas VII-A sebanyak 25 orang dan kelas VII-B sebanyak 25 orang. Pengumpulan dengan menggunakan tes hasil belajar kognitif peserta didik dan angket untuk mengukur motivasi belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t-test dengan taraf signifikan (α) = 5%. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan nilai uji t sebesar 5,598 didapat signifikansi dalam kolom equal variances assumed sebesar 0,000 yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model PBL terhadap motivasi belajar materi mitigasi bencana di kelas VII MTs Legokjawa Pangandaran serta nilai uji t sebesar 2,897 didapat signifikansi dalam kolom equal variances assumed sebesar 0,006 yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model PBL terhadap hasil belajar kognitif pada materi mitigasi bencana di kelas VII MTs Legokjawa Pangandaran. Kata Kunci: Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Pascasarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Lingkungan Hidup
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 26 May 2020 02:21
Last Modified: 26 May 2020 02:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1855

Actions (login required)

View Item View Item