PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN MENYUSUN TEKS BIOGRAFI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019)

Mellyna, Mellyna (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS DAN MENYUSUN TEKS BIOGRAFI (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN MEY.pdf

Download (30kB)
[img] Text
ABSTRAK BISMILLAH.pdf

Download (89kB)
[img] Text
2. BAB 1 baru banget .pdf

Download (109kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB)
[img] Text
4. BAB 3 hasil revisi .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] Text
4. BAB 4 KU YANG FIX hasil revisi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5 FIX HASIL REVISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
DAPUSKU.pdf

Download (38kB)

Abstract

ABSTRAK Mellyna. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menganalisis Dan Menyusun Teks Biografi (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Muhammadiyah Singaparna Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019) Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Siliwangi Tasikmalaya. Dalam Kurikulum 2013 revisi salah satu kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik kelas X semester 2 adalah KD 3.15 Menganalisis aspek makna dan kebahasaan dalam teks biografi dan KD 4.15 Menyusun teks biografi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menganalisis dan menyusun teks biografi kelas X SMA Muhammadiyah Singaparna Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah ”berpengaruh secara signifikankah model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan menganalisis dan menyusun teks biografi pada peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Singaparna Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019?” Berdasarkan hal tersebut, maka hipotesis dalam penelitian ini adalah “model pembelajaran Think Talk Write berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menganalisis dan menyusun teks biografi dengan menggunakan metode eksperimen sungguhan. Berdasarkan data penelitian, nilai rata-rata tes awal (pretest) dan tes akhir (postest) untuk kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write yaitu kelas X IIS 1 pada KD 3.15 mencapai angka 33,54 dan 83,43 dan pada KD 4.15 mencapai angka 57,78 dan 86,26 sedangkan di kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Direct Intruction (Pembelajaran Langsung) yaitu kelas X IIS 2 pada KD 3.15 mencapai angka 35,21 dan 79,69 dan pada KD 4.15 mencapai angka 57,13 dan 84,34 . Dengan demikian, nilai rata-rata kelompok kelas yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write lebih tinggi daripada nilai rata-rata peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Direct Intruction (Pembelajaran Langsung). Berdasarkan uji wilcoxon diketahui bahwa Whitung = 0 <Wtabel =55 Artinya model pembelajaran Think Talk Write berpengaruh terhadap kemampuan menganalisis dan menyusun teks biografi pada peserta didik kelas X SMA Muhammadiyah Singaparna Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 20 May 2020 05:23
Last Modified: 20 May 2020 05:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1816

Actions (login required)

View Item View Item