Maemunah, Siti (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DAN MENYIMPULKAN ISI TEKS IKLAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (23kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (102kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (342kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (572kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
Abstract
Kompetensi Dasar (KD) yang harus dikuasai peserta didik SMP kelas VIII Semester 1 berdasarkan Kuririkulum 2013 edisi revisi salah satunya yaitu kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks iklan. Akan tetapi, kenyataannya masih banyak peserta didik yang belum mampu mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks iklan secara tepat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah dapatkah model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks iklan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat atau tidaknya model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) meningkatkan kemampuan mengidentifiksai dan menympulkan teks iklan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, tes, dan wawancara dengan sumber data peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil pengolahan data, KKM yang telah ditetapkan untuk kelas VIII adalah 75. Pada siklus I, nilai peserta didik dalam kemampuan mengidentifikasi informasi teks iklan dari 30 peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu 8 orang (27%) dan yang mencapai KKM 22 orang (73%), sedangkan nilai peserta didik dalam menyimpulkan isi teks iklan dari 30 peserta didik yang belum mencapai KKM yaitu 9 orang (30) dan yang mencapai KKM 21 orang (70%). Pada siklus II, nilai kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks iklan dari 30 peserta didik semua mencapai KKM. Selain dengan persentase, uji statistik juga dapat membuktikan peningkatan hasil belajar peserta didik, bahwa nilai Whitung lebih kecil daripada nilai Wtabel dalam taraf signifikansi 0,01. Data-data tersebut menyatakan bahwa rumusan masalah dan hipotesis tindakan dapat dibuktikan kebenarannya. Artinya, model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dan menyimpulkan isi teks iklan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 8 Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Utari Puspo Handayanti Nuni |
Date Deposited: | 13 May 2020 06:28 |
Last Modified: | 13 May 2020 06:28 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1764 |
Actions (login required)
View Item |