Mariah, Siti (2019) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH BERBENTUK ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI MAN 1 KOTA TASIKMALAYA (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS MAN 1 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER.pdf Download (21kB) |
|
Text
ABSTRAK revisi.pdf Download (121kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (93kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
|
Text
BAB III revisi.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (205kB) |
|
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (28kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang masalah yaitu rendahnya hasil belajar peserta didik. Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash berbentuk animasi pada mata pelajaran ekonomi di kelas X IPS MAN 1 Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen, dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Jumlah populasi dari penelitian ini sebanyak 216 siswa dan sampel penelitiannya adalah kelas X IPS 4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 36 orang dan kelas X IPS 6 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 36 orang. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Berdasarkan hasil pengujian normalitas dan homogenitas, diketahui bahwa kedua kelas tersebut memiliki data yang berdistribusi normal dan varian homogen, untuk pengujian hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test dan uji independent sampel t-test serta effect size. Dari hasil pengujian paired sampel t-test menunjukan nilai Sig. (2-tailed) untuk kedua kelas tersebut memperoleh nilai sebesar 0,000 maka nilai signifikan Sig. (2-tailed) < 0,05 maka hipotesis kesatu dan kedua Hₒ ditolak, kesimpulannya untuk kelas eksperimen maupun kelas kontrol masing-masing terdapat perbedaan kemampuan hasil belajar peserta didik setelah diberikan perlakuan. Sedangkan dari hasil uji independent sampel t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,005 hal tersebut menunjukan nilai signifikan Sig. (2-tailed) < 0,05 maka hipotesis ketiga Hₒ ditolak, kesimpulannya terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik sesudah perlakuan pada kelas eksperimen yang diberi perlakuan menggunakan media pembelajaran berbasis macromedia flash berbentuk animasi dan kelas kontrol sesudah perlakuan tanpa menggunakan media pembelajaran. Maka penggunaan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash berbentuk animasi lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di MAN 1 Kota Tasikmalaya dibandingkan dengan tanpa menggunakan media pembelajaran . Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya nilai mean difference sebesar 0,5778 atau meningkat sebesar 55,8%. Kefektifan dari model pembelajaran problem solving dibuktikan dengan diperoleh nilai effect size sebesar 0,107 atau 11%, nilai tersebut berkategori besar. Kata Kunci: Media pembelajaran berbasis Macromedia Flash, Hasil belajar peserta didik
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Apr 2020 06:16 |
Last Modified: | 27 Apr 2020 06:21 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1622 |
Actions (login required)
View Item |