PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI YANG DIBACA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER-HEAD TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta didik Kelas VIII MTS Al Munawwaroh Cideres Kecamatan. Sukaresik Kabupaten. Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018 / 2019)

Rahmah, Nelly Naelul (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENYIMPULKAN UNSUR-UNSUR PEMBANGUN TEKS PUISI YANG DIBACA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER-HEAD TOGETHER (NHT) (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta didik Kelas VIII MTS Al Munawwaroh Cideres Kecamatan. Sukaresik Kabupaten. Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018 / 2019). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
Cover Skripsi fik.pdf

Download (36kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN FIK.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB II LANDASAN TEORETIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BABIII PROSEDUR PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Baru.pdf

Download (46kB)

Abstract

Dalam permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 dalam Kurikulum 2013 revisi satu kompetensi dasar dari kompetensi inti yang harus dikuasai peseta didik kelas VIII adalah KD 3.7 mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi yang di perdengarkan atau dibaca. KD.4.7 menyimpulkan unsur-unsur pembangun teks puisi yang di perdengarkan atau dibaca. Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui keefektifan model pembelajaran numbered head together meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan meyimpulkan pada unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi yang dibaca pada peserta didik kelas VIII MTS Al-Munawwaroh Cideres Kecamatan. Sukaresik Kabupaten. Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian tindakan kelas.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, dan wawancara. teknik tes dengan sumber data peserta didik kelas VIII MTS Al-Munawwaroh Cideres Kecamatan.Sukaresik Kabupaten. Tasikmalaya tahun ajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil pengolahan data, dan hasil belajar, pada siklus kesatu mengenai mengidentifikasi unsur-unsur pembangun teks puisi, peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak17 orang (53%) dan yang belum mencapai KKM sebanyak 15 orang (46%), sedangkan siklus kedua semua peserta didik (100%) sudah mencapai KKM. Pada Siklus kesatu menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi peserta didik yang sudah mencapai KKM sebanyak 9 orang (28%), dan yang belum mencapai KMM sebanyak 23 orang (71%), sedangkan pada siklus kedua secara keseluruhan peserta didik sudah mencapai KKM (100%). Berdasarkan uji wilcokson diketahui bahwa W(hitung)(0) < W(tabel) 126,25 dalam taraf signifikasi 0,01. Artinya, terdapat peningkatan nilai rata-rata yang signifikan dari siklus I pertemuan ke-1 sebanyak 8050 dan 222,251 sedangkan dalam siklus II sebanyak 286,770 dan 25,426. Data di atas menunjukkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together dapat meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menyimpulkan unsur-unsur pembangun dan makna teks puisi pada pesertadidik kelas VIII MTS AlMunawwaroh Cideres Kecamatan, Sukaresik Kabupaten, Tasikmalaya Tahun Ajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Apr 2020 02:54
Last Modified: 27 Apr 2020 06:23
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1618

Actions (login required)

View Item View Item