PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Tasikmalaya)

Nisa Apipah, Anis (2019) PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Quasi Eksperimen pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, UNIVERSITAS SILIWANGI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (48kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
9. BAB I PENDAHULUAN ASLI.pdf

Download (414kB)
[img] Text
10. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] Text
11. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)
[img] Text
12. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA (ANIS).pdf

Download (184kB)

Abstract

Permasalahan pokok dalam penelitian ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan mengenai kemampuan berpikir kritis peserta didik di semua kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan menggunakan desain penelitian Counterbalanced. Populasinya meliputi seluruh peserta didik kelas XI IPS sebanyak 5 kelas dengan jumlah peserta didik 198 peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 3 kelas terdiri dari kelas XI IPS 1, kelas XI IPS 2, dan kelas XI IPS 5. Dari hasil penelitian, pengolahan, dan analisis data dengan uji t pada taraf signifikan 5% atau 0,05 diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis terhadap beberapa model pembelajaran yang diterapkan. Saat dibandingkan antara 3 kelas eksperimen yang berbeda pada minggu terakhir nilai rata-ratanya sebesar 69,45 (Konvensional), 72,17 (Problem Based Learning), 77,55 (Discovery Learning) dan effect size-nya berturut-turut sebesar 0,333 atau 33,3%, 0,640 atau 64%, dan 0,636 atau 63,6% artinya bahwa tingkat berpikir kritis peserta didik pada materi perdagangan internasional antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning memiliki kemampuan berpikir kritis lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model konvensional. Kata Kunci : Problem Based Learning, Discovery Learning, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Utari Puspo Handayanti Nuni
Date Deposited: 20 Apr 2020 03:39
Last Modified: 20 Apr 2020 03:39
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/1576

Actions (login required)

View Item View Item