Andrian, Ismi (2018) MAKNA PESAN SOSIAL DALAM IKLAN PARTAI POLITIK ( Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Partai Perindo Versi 1). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (38kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (70kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (139kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (47kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (221kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (277kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (114kB) |
|
Text
BAB IV BENER.pdf Restricted to Registered users only Download (613kB) |
|
Text
BAB V BENER.pdf Restricted to Registered users only Download (93kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “MAKNA PESAN SOSIAL DALAM IKLAN PARTAI POLITIK (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Partai Perindo Versi 1). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana makna pesan sosial dalam iklan partai perindo. Adapun penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya iklan politik yang masuk ke dalam periklanan indonesia ataupun beberapa media massa seperti televisi contohnya, dikarnakan televisi mempunyai jangkuan luas sehingga periklanan politik sangat mudah diakses di media massa untuk saat ini. Kemungkinan juga banyak masyarakat yang mengenal tentang iklan partai perindo yang marak di iklankan di beberapa stasiun televisi dikarnakan ketua partai perindo Harry Tanoesoedibjo mempunyai beberapa televisi yang bisa membuat partainya terkenal oleh masyarakat banyak. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengambilan data yang lebih memfokuskan pengamatan dan penelaahan secara mendalam. Pendekatan yang peneliti kerjakan menggunakan metode Roland Barthes dimana peneliti akan melakukan suatu analisis tandatanda yang ada dalam suatu objek yang penelitian lakukan. Kemudia teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara teknik analisis data dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti melalukan langkah yang dilakukan oleh peneliti yaitu penyajin data, penarikan kesimpulan kesemuanya itu memfokuskan pada tujuan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa ditayangkannya iklan perindo merupakan sebuah media untuk menyampaikan citra-citra partai perindo melalui berbagai adegan yang terdapat dalam iklan tersebut yang menggambarkan bahwa partai perindo adalah partai yang siap menjadi pelopor dalam mencapai cita-cita bangsa. Dengan komunikasi politik menggunakan pola revetisi (perulangan bunyi, suku kata) sehingga akan mempengaruhi pola pikir masyarakat. Kata Kunci : Makna Pesan Sosial, Mars Perindo, Iklan, Semiotika
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | J Political Science > JA Political science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 06 Aug 2019 03:18 |
Last Modified: | 13 Aug 2019 07:25 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/157 |
Actions (login required)
View Item |