Fauziah, Nida Sausan Nur (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DISKURSUS MULTY REPRECENTACY (DMR) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI KINEMATIKA GERAK LURUS (Kuasi Eksperimen pada siswa kelas XI MAN 3 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2024/2025). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (171kB) |
![]() |
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (165kB) |
![]() |
Text
3. PERNYATAAN.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (225kB) |
![]() |
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (124kB) |
![]() |
Text
6. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (218kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR ISI.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
8. BAB I.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
9. BAB II.pdf Download (496kB) |
![]() |
Text
10. BAB III.pdf Download (713kB) |
![]() |
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (751kB) |
![]() |
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR PUTAKA.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Hasil studi pendahuluan di MAN 3 Tasikmalaya yang menunjukkan bahwa literasi sains dari 36 siswa pada materi kinematika gerak lurus rendah dengan rata-rata persentase 28,9%, serta kurangnya inovasi dalam penggunaan model pembelajaran Fisika. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Diskursus Multy Reprecentacy (DMR). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Diskursus Multy Reprecentacy (DMR) terhadap literasi sains pada materi kinematika gerak lurus. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuasi Eksperimen dengan desain post-test only control group design. Populasi penelitian meliputi kelas XI MAN 3 Tasikmalaya sebanyak 6 kelas, dan sampel penelitian dipilih menggunakan teknik Cluster Random Sampling, yaitu kelas XI 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI 7 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes (posttest) berupa soal uraian yang mencakup 3 kompetensi indikator literasi sains. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t pada taraf signifikansi (
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 08:00 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 08:00 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15222 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |