LESTARI, AYU (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN APLIKASI TIKTOK PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text
3. SUKET REVISI UJIAN.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (61kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text
8. BAB I.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
9. BAB II.pdf Download (520kB) |
![]() |
Text
10. BAB III.pdf Download (214kB) |
![]() |
Text
11. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
12. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (31kB) |
![]() |
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
![]() |
Text
14. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbantuan aplikasi TikTok pada materi operasi bilangan bulat, mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran, serta mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran berdasarkan hasil ulangan peserta didik setelah menggunakan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan yaitu metode R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, kuesioner, dan tes ulangan peserta didik materi operasi bilangan bulat. Data penelitian ini diperoleh dari dua ahli materi, dua ahli media, serta peserta didik kelas VII-E dan VII-F SMP Negeri 17 Tasikmalaya. Hasil validasi kualitas tujuan dan isi oleh ahli materi menunjukkan kriteria layak dengan presentase 80%, sedangkan kualitas teknis oleh ahli media menunjukkan kriteria sangat layak dengan presentase 90%. Penialian kualitas intruksional (respon peserta didik) menunjukkan kritera sangat baik dengan presentase 82%. Adapun ketercapaian tujuan pembelajaran berdasarkan hasil ulangan peserta didik memperoleh presentase 89%, sehingga dapat dikatakan sangat baik dan efektif untuk digunakan sebagai alternatif media pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan Media Pembelajaran, Aplikasi TikTok, Operasi Bilangan Bulat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 14 Feb 2025 07:08 |
Last Modified: | 14 Feb 2025 07:08 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15160 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |