PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KOMUNIKASI EFEKTIF CROSSWORD PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI (CERITA FANTASI) (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

Rosyadi, Hilmi Gufron (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KOMUNIKASI EFEKTIF CROSSWORD PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI TEKS NARASI (CERITA FANTASI) (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (30kB)
[img] Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (121kB)
[img] Text
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (82kB)
[img] Text
4. Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
5. Kata Pengantar.pdf

Download (89kB)
[img] Text
6. Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Diagram, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.pdf

Download (204kB)
[img] Text
7. Bab I.pdf

Download (114kB)
[img] Text
8. Bab II.pdf

Download (458kB)
[img] Text
9. Bab III.pdf

Download (371kB)
[img] Text
10. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
11. Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
12. Daftar Pustaka.pdf

Download (161kB)
[img] Text
13. Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] Text
14. Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Teks yang harus dikuasai peserta didik di kelas VII salah satunya yaitu teks narasi (cerita fantasi). Namun penguasaan peserta didik terhadap materi tersebut belum tercapai maksimal karena pendidik kurang bervariasi dalam penggunaan model pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Crossword Puzzle dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Data yang penulis dapatkan dari hasil pretest dan posttest peserta didik di kelas sampel. Seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Pagerageung Kabupaten Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 merupakan populasi dari penelitian ini. Sedangkan sampel dari penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yakni 35,5 (pretest) dan 83,5 (posttest). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yakni 27,8 (pretest) dan 80 (posttest). Rata rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran mengidentifikasi unsur-unsur teks narasi (cerita fantasi) yakni 29,6 (pretest) dan 80,3 (posttest). Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi) yakni 33,4 (pretest) dan 78,3 (posttest). Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai Sig 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan Crossword Puzzle berpengaruh secara signifikan pada kemampuan mengidentifikasi unsur-unsur dan menceritakan kembali isi teks narasi (cerita fantasi).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 31 Jan 2025 07:19
Last Modified: 31 Jan 2025 07:19
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15043

Actions (login required)

View Item View Item