PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WONDERING, EXPLORING, EXPLAINING (WEE) BERBANTUAN PHET TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

RUSMIATI, SITI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WONDERING, EXPLORING, EXPLAINING (WEE) BERBANTUAN PHET TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
2. pengesahan.pdf

Download (161kB)
[img] Text
3. pernyataan.pdf

Download (103kB)
[img] Text
4. motto.pdf

Download (69kB)
[img] Text
5. abstrak.pdf

Download (137kB)
[img] Text
6. kata pengantar.pdf

Download (76kB)
[img] Text
7. ucapan terimakasih.pdf

Download (75kB)
[img] Text
8. daftar isi.pdf

Download (110kB)
[img] Text
9. bab i.pdf

Download (147kB)
[img] Text
10. bab ii.pdf

Download (481kB)
[img] Text
11. bab iii.pdf

Download (253kB)
[img] Text
12. bab iv.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
13. bab v.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
14. daftar pustaka.pdf

Download (147kB)
[img] Text
15. lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
16. riwayat hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMA Negeri 9 Tasikmalaya diketahui bahwa kurangnya aktivitas dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran yang menyebabkan hasil belajar siswa tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Wondering, Exploring, Explaining (WEE) berbantuan PhET terhadap hasil belajar kognitif siswa pada materi pemanasan global di kelas X SMA Negeri 9 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu semua kelas X SMA Negeri 9 Tasikmalaya sebanyak 9 kelas. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas X-3 sebagai sampel kelas eksperimen dan kelas X-9 sebagai sampel kelas kontrol. Pengukuran hasil belajar kognitif siswa dilakukan dengan memberikan tes uraian sebanyak 9 soal yang memuat level kognitif C2, C3 dan C4. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan (

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 31 Jan 2025 07:06
Last Modified: 31 Jan 2025 07:06
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15042

Actions (login required)

View Item View Item