Sakina, Dila Seifa (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN SERTA MENULIS TEKS CERITA INSPIRATIF (Eksperimen pada Peserta Didik Kelas IX MTs Al-Khoeriyah Bantar Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
1. COVER.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
6. DAFTAR ISI, TABEL, DIAGRAM, GAMBAR, LAMPIRAN.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
7. BAB I.pdf Download (210kB) |
![]() |
Text
8. BAB II.pdf Download (350kB) |
![]() |
Text
9. BAB III.pdf Download (472kB) |
![]() |
Text
10. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (938kB) |
![]() |
Text
11. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
![]() |
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
13. LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
![]() |
Text
14. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
Abstract
Teks yang harus dikuasai peserta didik kelas IX salah satunya yaitu teks cerita inspiratif. Namun penguasaan peserta didik terhadap materi tersebut belum tercapai maksimal karena pendidik kurai bervariasi dalam penggunaan model pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan serta menulis teks cerita inspiratif pada peserta didik kelas IX MTs Al Khoeriyah Bantar Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan yakni metode eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik wawancara, teknik observasi, dan teknik tes. Populasi penelitian ini yakni peserta didik kelas IX MTs Al-Khoeriyah Bantar Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian yakni kelas IX B sebagai kelas eksperimen dan kelas IX C sebagai kelas kontrol. Hasil pengolahan data yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks cerita inspiratif yakni 40,71 (pretest) dan 84 (posttest). Selisih dari kedua rata-rata tersebut adalah 43,3. Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas eksperimen pada pembelajaran menulis teks cerita inspiratif yakni 31,54 (pretest) dan 77,08 (posttest). Selisih dari kedua rata-rata tersebut adalah 45,54. Rata-rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran menelaah struktur dan kebahasaan teks cerita inspiratif yakni 38,88 (pretest) dan 70,50 (posttest). Selisih dari kedua rata-rata tersebut adalah 31,62. Rata rata nilai yang diperoleh peserta didik kelas kontrol pada pembelajaran menulis teks cerita inspiratif yakni 31,17 (pretest) dan 64,46 (posttest). Selisih dari kedua rata-rata tersebut adalah 33,29. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai Sig. 0,000 < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian ini dapat diterima. Artinya model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menelaah struktur dan kebahasaan serta menulis teks cerita inspiratif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 04:23 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 04:23 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/15003 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |