ANALISIS SENTIMEN PEMILIHAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA 2024 PADA KOMENTAR YOUTUBE MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES CLASSIFIER

Ziandiny, Zindy (2024) ANALISIS SENTIMEN PEMILIHAN PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA 2024 PADA KOMENTAR YOUTUBE MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES CLASSIFIER. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (392kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (481kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (468kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (462kB)
[img] Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (373kB)
[img] Text
6. MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (463kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (471kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (454kB)
[img] Text
9. DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (544kB)
[img] Text
10. DAFTAR TABEL.pdf

Download (544kB)
[img] Text
11. DAFTAR PROGRAM.pdf

Download (545kB)
[img] Text
12. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (544kB)
[img] Text
13. BAB I.pdf

Download (501kB)
[img] Text
14. BAB II.pdf

Download (889kB)
[img] Text
15. BAB III.pdf

Download (608kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (599kB)
[img] Text
19. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pemilihan Presiden RI 2024 memicu berbagai opini publik yang diekspresikan melalui komentar di platform media sosial seperti YouTube, di mana perubahan kepemimpinan menimbulkan beragam reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan sentimen publik sebelum dan sesudah Pilpres 2024 melalui komentar pada video YouTube. Metode yang digunakan adalah Naive Bayes Classifier, dengan teknik SMOTE untuk menangani ketidakseimbangan data. Data dikumpulkan dari komentar video sebelum dan sesudah Pilpres 2024, kemudian dilakukan preprocessing teks dan pelabelan manual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sentimen negatif mendominasi baik sebelum maupun sesudah pemilihan, meskipun ada kenaikan persentase setelah pemilihan, yang mencerminkan pergeseran opini publik. Model Naive Bayes mencapai akurasi sebesar 75.82% pada komentar Youtube sebelum Pilpres dan 77% pada komentar Youtube setelah Pilpres, namun lebih efektif dalam memprediksi sentimen negatif. Keterbatasan penelitian ini terletak pada jumlah data dan fokus pada satu platform media sosial, sehingga untuk penelitian mendatang disarankan menggunakan dataset lebih beragam dan teknik machine learning yang lebih canggih. Kata Kunci: Analisis Sentimen, Naïve Bayes Classifier, Machine Learning, Pilpres 2024, YouTube

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Informatika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 21 Jan 2025 06:21
Last Modified: 21 Jan 2025 06:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14950

Actions (login required)

View Item View Item