Kafi, Muhammad Faiz (2024) PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBANTUAN QUIZIZZ TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Manonjaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. cover.pdf Download (15kB) |
|
Text
2. pengesahan.pdf Download (147kB) |
|
Text
3. pernyataan.pdf Download (48kB) |
|
Text
4. penguji.pdf Download (563kB) |
|
Text
5. abstrak.pdf Download (177kB) |
|
Text
6. kata pengantar.pdf Download (139kB) |
|
Text
7. ucapan terimaksih.pdf Download (136kB) |
|
Text
8. daftar isi.pdf Download (589kB) |
|
Text
9. bab 1.pdf Download (159kB) |
|
Text
10. bab 2.pdf Download (554kB) |
|
Text
11. bab 3.pdf Download (580kB) |
|
Text
12. bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
13. bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
|
Text
14. daftar pustaka.pdf Download (254kB) |
|
Text
15. lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
|
Text
16. riwayat hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (23kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sangat rendahnya keterampilan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Manonjaya. Salah satu solusi yang digunakan peneliti untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching berbantuan Quizizz. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Quantum Teaching berbantuan Quizizz terhadap keterampilan pemecahan masalah dan motivasi belajar siswa pada materi gelombang bunyi. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Negeri 1 Manonjaya tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 7 kelas. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga terpilih dua kelas, yaitu kelas XI MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol, dengan jumlah siswa masing-masing kelas sebanyak 31 orang. Untuk mengukur motivasi belajar siswa yaitu dengan menggunakan angket, sedangkan keterampilan pemecahan masalah diukur melalui tes yang diberikan sebelum (pretest) dan sesudah perlakuan (posttest). Tes berbentuk uraian berjumlah 10 soal yang setiap butir soalnya mengandung 4 indikator keterampilan pemecahan masalah menurut Polya. Hasil pengujian hipotesis dengan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Variance) menunjukan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,000 sehingga nilai signifikansi < 0,05 yang berarti
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 02:28 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 02:28 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14875 |
Actions (login required)
View Item |