PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING (DL) (Penelitian di Kelas VIII SMP Negeri 12 Tasikmalaya)

FARIHAH, AI EVA (2015) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK YANG MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING (DL) (Penelitian di Kelas VIII SMP Negeri 12 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER, PENGESAHAN, PERNYATAAN.pdf

Download (291kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
3. KATA PENGANTAR.pdf

Download (456kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI, TABEL, LAMPIRAN.pdf

Download (230kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (815kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (564kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (506kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] Text
10. DAPUS.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Lampiran A.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img] Text
Lampiran B.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
Lampiran C.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran D.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran E.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)
[img] Text
Lampiran F.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Lampiran G.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang lebih baik antara yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dengan yang menggunakan model Discovery Learning (DL). Tujuan lainnya adalah mengetahui kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan pemecahan masalah matematik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik VIII SMP Negeri 12 Tasikmalaya yang terbagi ke dalam 11 kelas dan sampel yang terpilih secara random adalah kelas VIII G yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning (PBL) sebagai kelas eksperimen I dan kelas VIII H yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning (DL) sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematik. Instrumen penelitian berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah peserta didik sebanyak 4 soal dengan skor maksimal ideal (SMI) adalah 40 dan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data penelitian menggunakan analisis eksperimen. Hasil analisis data disimpulkan bahwa Kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model Problem Based Learning (PBL) lebih baik dari pada yang pembelajarannya menggunakan model Discovery Learning (DL). Kesulitan peserta didik terbesar dalam langkah penyelesaian pemecahan masalah menurut langkah Polya terdapat pada langkah merencanakan penyelesaian yaitu sebesar 62,5% pada kelas eksperimen I dan 84,6% pada kelas eksperimen II. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik, Problem Based Learmimg, Discovery Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 08 Jan 2025 02:47
Last Modified: 08 Jan 2025 02:47
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14825

Actions (login required)

View Item View Item