PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY (ROPES) BERBANTUAN VASCAK PHYSICS ANIMATION TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sindangkasih Tahun Ajaran 2024/2025)

RAKHMANITA, TINA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY (ROPES) BERBANTUAN VASCAK PHYSICS ANIMATION TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sindangkasih Tahun Ajaran 2024/2025). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text
03 PERNYATAAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text
04 ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[img] Text
05 KATA PENGANTAR.pdf

Download (74kB)
[img] Text
06 UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (58kB)
[img] Text
07 DAFTAR ISI.pdf

Download (49kB)
[img] Text
08 DAFTAR TABEL.pdf

Download (43kB)
[img] Text
09 DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (62kB)
[img] Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (47kB)
[img] Text
11 BAB 1.pdf

Download (118kB)
[img] Text
12 BAB 2.pdf

Download (626kB)
[img] Text
13 BA 3.pdf

Download (640kB)
[img] Text
14 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] Text
15 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)
[img] Text
17 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] Text
18 RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa, kurangnya inovasi penggunaan model pembelajaran fisika di kelas, dan keterbatasan ruang praktikum serta alat praktikum yang membuat pembelajaran kurang maksimal. Upaya untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) berbantuan Vascak Physics Animation dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ROPES berbantuan Vascak Physics Animation terhadap hasil belajar kognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experiment dengan desain penelitian posttest only design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas XI MIPA di SMAN 1 Sindangkasih Tahun Ajaran 2024/2025 sebanyak 6 kelas dengan jumlah 215 siswa. Tenik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Hasil belajar kognitif diukur menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 26 soal pada materi fluida statis. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikasi (

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Dec 2024 02:21
Last Modified: 27 Dec 2024 02:21
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14806

Actions (login required)

View Item View Item