RAKHMANITA, TINA (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REVIEW, OVERVIEW, PRESENTATION, EXERCISE, SUMMARY (ROPES) BERBANTUAN VASCAK PHYSICS ANIMATION TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI FLUIDA STATIS (Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Sindangkasih Tahun Ajaran 2024/2025). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
![]() |
Text
01 COVER.pdf Download (16kB) |
![]() |
Text
02 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
03 PERNYATAAN.pdf Download (174kB) |
![]() |
Text
04 ABSTRAK.pdf Download (81kB) |
![]() |
Text
05 KATA PENGANTAR.pdf Download (74kB) |
![]() |
Text
06 UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (58kB) |
![]() |
Text
07 DAFTAR ISI.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
08 DAFTAR TABEL.pdf Download (43kB) |
![]() |
Text
09 DAFTAR GAMBAR.pdf Download (62kB) |
![]() |
Text
10 DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (47kB) |
![]() |
Text
11 BAB 1.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
12 BAB 2.pdf Download (626kB) |
![]() |
Text
13 BA 3.pdf Download (640kB) |
![]() |
Text
14 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (318kB) |
![]() |
Text
15 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
![]() |
Text
16 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (104kB) |
![]() |
Text
17 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
![]() |
Text
18 RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (15kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa, kurangnya inovasi penggunaan model pembelajaran fisika di kelas, dan keterbatasan ruang praktikum serta alat praktikum yang membuat pembelajaran kurang maksimal. Upaya untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary (ROPES) berbantuan Vascak Physics Animation dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ROPES berbantuan Vascak Physics Animation terhadap hasil belajar kognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experiment dengan desain penelitian posttest only design. Populasi penelitian yaitu seluruh kelas XI MIPA di SMAN 1 Sindangkasih Tahun Ajaran 2024/2025 sebanyak 6 kelas dengan jumlah 215 siswa. Tenik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan Cluster Random Sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen dan XI MIPA 5 sebagai kelas kontrol. Hasil belajar kognitif diukur menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan ganda sebanyak 26 soal pada materi fluida statis. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t pada taraf signifikasi (
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:21 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 02:21 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14806 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |