Nabila, Syalha Azzahra (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBASIS MEDIA CANVA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BIOGRAFI (Penelitian Eksperimen pada Peserta Didik kelas X SMK Al Ilyas Malangbong Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (239kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (64kB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (60kB) |
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (272kB) |
|
Text
5. KATA PENGANTAR.pdf Download (295kB) |
|
Text
6. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (277kB) |
|
Text
7. BAB 1.pdf Download (249kB) |
|
Text
8. BAB 2.pdf Download (383kB) |
|
Text
9. BAB 3.pdf Download (564kB) |
|
Text
10. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (706kB) |
|
Text
11. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
Text
13. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbasis media Canva terhadap kemampuan menulis teks biografi pada peserta didik kelas X SMK Al Ilyas Malangbong tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengujicobakan model pembelajaran yang diterapkan pada proses pembelajaran yang menuntut keaktifan peserta didik berbasis teknologi. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu teknik observasi, teknik wawancara dan teknik tes. Populasi pada penelitian yaitu peserta didik kelas X SMK Al Ilyas Malangbong tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini yaitu kelas X TKJ 1 yang berjumlah 29 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X TKJ 2 yang berjumlah 29 orang sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 76,27. Sedangkan nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 69,13. Persentase pengaruh penerapan model pembelajaran Project Based Learning menggunakan uji N-Gain terhadap kemampuan menulis teks biografi di kelas eksperimen sebesar 58%, sedangkan persentase pengaruh penerapan model pembelajaran langsung di kelas kontrol sebesar 50 %. Sebelum melakukan uji hipotesis, diperlukan uji normalitas dan homogenitas. Berdasarkan sebaran data yang diperoleh, diketahui bahwa data nilai pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak berdistribusi normal dan homogen. Oleh karena itu, pengujian hipotesis menggunakan uji wilcoxon. Hasil uji wilcoxon menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig 0.000<0,05. Hal ini menunjukan bahwa model pembelajaram Project Based Learning berbasis media Canva berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis teks biografi. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian ini diterima
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PK Indo-Iranian |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 02:15 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 02:15 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14766 |
Actions (login required)
View Item |