ANALISIS DAN SOLUSI KEMACETAN JALAN PASAR WETAN PUSAT KOTA TASIKMALAYA SETELAH REVITALISASI TROTOAR JALAN CIHIDEUNG

UTAMA, PARREL ANUGRAH (2024) ANALISIS DAN SOLUSI KEMACETAN JALAN PASAR WETAN PUSAT KOTA TASIKMALAYA SETELAH REVITALISASI TROTOAR JALAN CIHIDEUNG. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (39kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (278kB)
[img] Text
3. LEMBAR KEASLIAN.pdf

Download (242kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (129kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (183kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (76kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (373kB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (441kB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (131kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Transportasi dan infrastruktur memiliki peran krusial dalam kehidupan sehari-hari, terutama di Kota Tasikmalaya. Kota Tasikmalaya saat ini sedang melakukan peningkatan infrastruktur salah satunya yaitu revitalisasi trotoar jalan Cihideung, namun tidak di imbangi dengan sarana yang cukup sehingga menimbulkan permasalahan kemacetan di ruas Jalan Pasar Wetan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Kemacetan Jalan Pasar Wetan Pusat Kota Tasikmalaya setelah Revitalisasi Trotoar jalan Cihideung. Metode penelitian ini berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2023). Pengambilan data di lapangan dilakukan selama 20 hari dengan 2 sesi yaitu pada jam sibuk yang dimulai dari pukul 09.00 – 11.00 dan 16.00-18.00 WIB dengan interval waktu 15 menit. Lokasi yang diteliti, yaitu ruas jalan Pasar Wetan. Ruas jalan Pasar Wetan merupakan tipe jalan dengan dua lajur satu arah (2/1). Lebar perkerasan jalan Pasar Wetan yaitu 8 meter. Hasil penelitian ini, data eksisting yang diperoleh tahun 2024 volume arus puncak segmen sebesar 1296,05 SMP/jam, nilai puncak hambatan samping didapat hasil frekuensi bobotnya adalah 1476,8 dengan kapasitas adalah 1328,90 SMP/jam, nilai derajat kejenuhan sebesar 0,88 pada kondisi eksisting, kecepatan tempuh 38,01 Km/jam dan waktu tempuh 0,74 menit atau 44,62 detik. Kata Kunci : Derajat Kejenuhan, Kinerja Lalu Lintas, Trotoar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 19 Dec 2024 06:46
Last Modified: 19 Dec 2024 06:46
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14735

Actions (login required)

View Item View Item