TEACHERS’ AND STUDENTS’ PERSPECTIVES OF LITERACY THROUGH READING ACTIVITY IN EMANCIPATED LEARNING (MERDEKA BELAJAR)

IZZATI, AINA AMALIA (2024) TEACHERS’ AND STUDENTS’ PERSPECTIVES OF LITERACY THROUGH READING ACTIVITY IN EMANCIPATED LEARNING (MERDEKA BELAJAR). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Approval Sheet.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (96kB)
[img] Text
ACKNOWLEDGEMENT.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PERSONAL PAGE.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PREFACE.pdf

Download (1MB)
[img] Text
TABLE OF CONTENTS.pdf

Download (1MB)
[img] Text
CHAPTER 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
CHAPTER 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
CHAPTER 3.pdf

Download (1MB)
[img] Text
CHAPTER 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
CHAPTER 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
REFERENCES.pdf

Download (121kB)
[img] Text
ENCLOSURES.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tingkat literasi di Indonesia tergolong rendah, berada di peringkat 61 dalam survei PISA, peringkat 60 dalam survei OECD 2016, dan peringkat 45 dalam PIRLS 2011. Untuk mengatasi hal ini, kurikulum merdeka belajar diimplementasikan untuk berfokus pada kegiatan literasi. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian terkait perspektif guru dan siswa terhadap literasi melalui kegiatan membaca dalam pembelajaran merdeka belajar karena hal tersebut dapat menjadi cerminan bagaimana mereka memahami dan mengalaminya. Studi kasus kualitatif digunakan sebagai metode penelitian dan melibatkan seorang guru bahasa Inggris dan seorang siswa kelas 7 di sebuah sekolah menengah pertama di Tasikmalaya. Data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur dan dianalisis dengan menggunakan pendekatan analisis tematik Braun dan Clarke (2006). Temuan penelitian ini dibagi menjadi empat tema: Aktivitas Membaca dan Menulis untuk Memperoleh Pengetahuan dan Informasi, Keterampilan Literasi melalui Aktivitas Literasi, Strategi Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Meminta Siswa untuk Belajar Mandiri, Menggunakan Multimodal dalam Kegiatan Belajar Mengajar dalam Pembelajaran Emansipasi. Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut diharapkan dapat mengeksplorasi dampak dari kegiatan literasi membaca bahasa Inggris terhadap kemampuan bahasa Inggris siswa, khususnya pada empat keterampilan, dengan menggunakan pendekatan eksperimental kuantitatif untuk menyelidiki dampak literasi melalui kegiatan membaca. Kata kunci: Perspektif, literasi, aktivitas membaca bahasa Inggris, emancipated learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 29 Oct 2024 01:00
Last Modified: 29 Oct 2024 01:00
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14582

Actions (login required)

View Item View Item