ANALISIS PENGARUH LIMBAH KACA SEBAGAI BAHAN PENGISI (FILLER) UNTUK CAMPURAN ASPAL AC-WC

PANGESTU, RIO RIFKY (2024) ANALISIS PENGARUH LIMBAH KACA SEBAGAI BAHAN PENGISI (FILLER) UNTUK CAMPURAN ASPAL AC-WC. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (281kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (376kB)
[img] Text
3. LEMBAR KEASLIAN.pdf

Download (265kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (132kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (137kB)
[img] Text
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
7. BAB 1.pdf

Download (146kB)
[img] Text
8. BAB 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. BAB 3.pdf

Download (25MB)
[img] Text
10. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img] Text
11. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB)
[img] Text
13. LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kaca dikenal sebagai bahan yang memiliki kuat tekan dan kekakuan tinggi sifat tersebut dapat dimanfaatkan dalam campuran aspal AC-WC (Asphalt Concrete– Wearing Course). Penggunaan kaca pada campuran AC-WC sebagai filler dapat menambah nilai stabilitas yang tinggi, sehingga dapat menahan volume lalu lintas tinggi dan kendaraan berat. Campuran perkerasan aspal dengan bahan pengisi (filler) limbah kaca dapat dijadikan alternatif solusi untuk rancangan perkerasan jalan yang membutuhkan kekuatan dengan nilai stabilitas yang tinggi. Metode pada penelitian ini adalah pengujian marshall test dan metode percobaan trial and error. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh prosentase filler limbah kaca sebanyak 1% dan 3% terhadap kinerja campuran lapis aus dengan aspal pentetrasi 60/70. Kinerja tersebut diukur melalui pengujian stabilitas (Stability), rongga dalam campuran (Void In The Mix), rongga di antara mineral agregat (Void In Mineral Aggregate), rongga terisi aspal (Void Filled With Bitumen) ,Kelelehan (flow), serta marshall quotient (MQ). Hasil penelitian dengan campuran filler kaca sebanyak 1% pada kadar aspal 5 % - 7% diperoleh nilai kadar aspal optimum (KAO) 6,5%, dengan hasil nilai stabilitas teringgi sebesar 2615 kg. Sedangkan pada campuran filler kaca 3% pada kadar aspal 5,5% - 7,5% diperoleh nilai kadar aspal optimum (KAO) 6,9%, dengan hasil nilai tertinggi stabilitas sebesar 2434 kg, nilai stabilitas marshall kedua variasi campuran perkerasan dengan filler kaca yang di uji diharap mampu menahan beban lalu-lintas yang tinggi karena memiliki nilai stabilitas diatas spesifikasi yang disyaratkan. Kata Kunci : AC-WC, Aspal, Filler, Kaca, Marshall.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 16 Oct 2024 02:36
Last Modified: 16 Oct 2024 02:36
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14524

Actions (login required)

View Item View Item