ABQORIYAH, ZAHRA (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA WORD SQUARE (Studi Quasi Eksperimen Kepada Peserta Didik Kelas X IPS SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (6MB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (278kB) |
|
Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf Download (6MB) |
|
Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (6MB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (6MB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (6MB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf Download (6MB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (6MB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (6MB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (6MB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Download (7MB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6MB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
|
Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Masalah pokok terkait penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan serta perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media Word Square dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Word Square. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cihaurbeuti. Metode penelitian yang digunakan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan matching pre-test – post-test control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X IPS SMA Negeri 1 Cihaurbeuti, menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah peserta didik 72. Instrumen yang digunakan adalah soal berbentuk pilihan ganda pada mata pelajaran ekonomi sebanyak 35 soal. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 29 yaitu uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05 atau 5%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh signifikansi sebesar 0,001 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen 1 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media Word Square sesudah diberikan perlakuan dan kelas eksperimen 2 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Word Square sesudah diberikan perlakuan. Kata kunci : Kooperatif, Student Teams Achievement Division, Teams Games Tournament, Word Square.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 09 Oct 2024 08:26 |
Last Modified: | 09 Oct 2024 08:26 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14483 |
Actions (login required)
View Item |