PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA WORD SQUARE (Studi Quasi Eksperimen Kepada Peserta Didik Kelas X IPS SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2023/2024)

ABQORIYAH, ZAHRA (2024) PERBEDAAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA WORD SQUARE (Studi Quasi Eksperimen Kepada Peserta Didik Kelas X IPS SMA Negeri 1 Cihaurbeuti Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (278kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
4. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (6MB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (6MB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (6MB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (6MB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (7MB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)
[img] Text
16. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Masalah pokok terkait penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah perlakuan serta perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media Word Square dan kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Word Square. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Cihaurbeuti. Metode penelitian yang digunakan metode kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan matching pre-test – post-test control group design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas X IPS SMA Negeri 1 Cihaurbeuti, menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah peserta didik 72. Instrumen yang digunakan adalah soal berbentuk pilihan ganda pada mata pelajaran ekonomi sebanyak 35 soal. Teknik analisis data menggunakan bantuan program SPSS 29 yaitu uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05 atau 5%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh signifikansi sebesar 0,001 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen 1 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantuan media Word Square sesudah diberikan perlakuan dan kelas eksperimen 2 yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) berbantuan media Word Square sesudah diberikan perlakuan. Kata kunci : Kooperatif, Student Teams Achievement Division, Teams Games Tournament, Word Square.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Lelis Masridah
Date Deposited: 09 Oct 2024 08:26
Last Modified: 09 Oct 2024 08:26
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14483

Actions (login required)

View Item View Item