PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Kuasi Eksperimen pada Pembelajaran Sejarah Indonesia di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

JUHROH, YOSI SITI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK (Kuasi Eksperimen pada Pembelajaran Sejarah Indonesia di Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 9 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (142kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (255kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGUJI.pdf

Download (185kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf

Download (214kB)
[img] Text
5. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (138kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (209kB)
[img] Text
7. KATA PENGANTAR.pdf

Download (140kB)
[img] Text
8. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (139kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, DAFTAR GAMBAR, DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (169kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (202kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (248kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (392kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari permasalahan kurangnya minat belajar peserta didik dalam pembelajaran Sejarah Indonesia di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 9 Tasikmalaya, sehingga perlu diatasi salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran Sejarah Indonesia di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 9 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Kuasi Eksperimen bentuk Nonequivalent Control Group Design. Desain ini memiliki kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang tidak dipilih secara random. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA Negeri 9 Tasikmalaya. Sampel yang digunakan yaitu kelas XI IPS 4 (kelas eksperimen) dan kelas XI IPS 2 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan angket sebelum dan sesudah diberikan treatment. Hasil uji statistik menggunakan uji hipotesis independent sample t test menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah indonesia di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 9 Tasikmalaya dan berdasarkan hasil uji N-Gain diperoleh nilai rata-rata N-gain di kelas eksperimen sebesar 57,88%, jika berlandaskan pada klasifikasi N-Gain persen nilai yang dihasilkan dalam uji tersebut bisa dikategorikan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe scramble cukup efektif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran sejarah indonesia di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 9 Tasikmalaya. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Scramble, Minat Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 20 Sep 2024 07:11
Last Modified: 20 Sep 2024 07:11
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14398

Actions (login required)

View Item View Item