PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik kelas X di SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

NOVITASARI, RISA DEWI (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI PEMANASAN GLOBAL (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik kelas X di SMA Negeri 4 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (76kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (80kB)
[img] Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (12kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (75kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (77kB)
[img] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (164kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (153kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (637kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (565kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah peserta didik dalam materi pemanasan global. Salah satu solusi yang dilakukan oleh peneliti untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi pemanasan global. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya sebanyak 11 kelas dengan jumlah peserta didik 392 siswa. Sampel diambil menggunakan cluster random sampling sebanyak 2 kelas, yaitu kelas X-7 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-8 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah peserta didik dilakukan tes sebelum perlakuan (pretest) dan setelah diberi perlakuan (posttest) yang berbentuk soal esai yang berjumlah 8 soal pada materi pemanasan global. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat (uji normalitas, uji homogenitas), dan uji hipotesis serta perhitungan N-Gain. Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa model PjBL berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi pemanasan global kelas X SMA Negeri 4 Tasikmalaya. Hal itu terjadi karena penggunaan model PjBL mampu meningkatkan keaktifan peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan dengan anggota kelompoknya dan dapat meningkatkan kemandirian dalam berpikir untuk menganalisis permasalahan sehingga dapat menyelesaikan masalah dan menemukan solusinya. Kata kunci: kemampuan pemecahan masalah, model Project Based Learning (PjBL), pemanasan global.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Sep 2024 08:14
Last Modified: 04 Sep 2024 08:14
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14062

Actions (login required)

View Item View Item