PENGARUH MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBANTUAN JAVALAB TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM KEKEKALAN ENERGI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

NURAPIPAH, FINA (2024) PENGARUH MODEL CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) BERBANTUAN JAVALAB TERHADAP KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI HUKUM KEKEKALAN ENERGI (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (14kB)
[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (56kB)
[img] Text
3 LEMBAR PENYATAAN.pdf

Download (50kB)
[img] Text
4 LEMBAR REKOMENDASI PENGUJI.pdf

Download (57kB)
[img] Text
5 HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (123kB)
[img] Text
6 ABSTRAK.pdf

Download (197kB)
[img] Text
7 KATA PENGANTAR.pdf

Download (74kB)
[img] Text
8 UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (132kB)
[img] Text
9 DAFTAR ISI TABEL GAMBAR LAMPIRAN.pdf

Download (327kB)
[img] Text
10 BAB 1.pdf

Download (91kB)
[img] Text
11 BAB 2.pdf

Download (401kB)
[img] Text
12 BAB 3.pdf

Download (419kB)
[img] Text
13 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (504kB)
[img] Text
14 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (142kB)
[img] Text
16 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
17 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya keterampilan pemecahan masalah peserta didik pada pembelajaran Fisika dan kurangnya kebaharuan model pembelajaran yang digunakan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) berbantuan Javalab terhadap keterampilan pemecahan masalah pada materi hukum kekekalan energi. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain nonequivalent control grup design. Populasi penelitian ini yaitu kelas X di SMA Negeri 7 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 6 kelas dengan jumlah peserta didik 227 orang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas X-E6 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-E2 sebagai kelas kontrol. Untuk mengukur keterampilan pemecahan masalah peserta didik dilakukan pretest dan posttest berbentuk essay sebanyak 4 butir soal. Hasil pengujian hipotesis dengan uji t menunjukkan bahwa

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Sep 2024 08:13
Last Modified: 04 Sep 2024 08:13
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14058

Actions (login required)

View Item View Item