PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ PAPER MODE TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Geografi Sub Materi Kerjasama Negara Maju dan Berkembang di Kelas XII IPS SMAN 1 Cikatomas)

SOPI, SOPI (2024) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ PAPER MODE TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Geografi Sub Materi Kerjasama Negara Maju dan Berkembang di Kelas XII IPS SMAN 1 Cikatomas). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (90kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (51kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (31kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (46kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (64kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (115kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf

Download (142kB)
[img] Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (243kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (136kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (735kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (611kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)

Abstract

Pembelajaran yang dilakukan disekolah-sekolah masih terfokus kepada pembelajaran konvensional atau pembelajaran ceramah sehingga berimbas kepada tingkat pemahaman materi yang rendah, perolehan nilai yang rendah, motivasi yang rendah sampai kepada keaktifan belajar yang rendah pula. Salah satu cara untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tentang tahapan penerapan media pembelajaran quizizz paper mode dan pengaruh penerapan media pembelajaran quizizz paper mode terhadap peningkatan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi sub materi kerjasama negara maju dan berkembang di kelas XII IPS SMAN 1 Cikatomas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini berjumlah 62 peserta didik yang terdiri dari kelas XII IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XII IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data untuk peningkatan keaktifan belajar peserta didik menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa tahapan penerapan media pembelajaran quizizz paper mode model Games Based Learning (GBL) yaitu pemilihan game, penjelasan konsep, aturan, bermain game, dan merangkum pengetahuan. Besaran pengaruh penerapan media pembelajaran quizizz paper mode model Games Based Learning (GBL) dilihat dari rata-rata nilai pretest sebesar 79 dan nilai posttest sebesar 86 dari hasil tersebut membuktikan bahwa telah terjadi kenaikan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Quizizz Paper Mode, Keaktifan Belajar

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:18
Last Modified: 04 Sep 2024 02:18
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14019

Actions (login required)

View Item View Item