SOPI, SOPI (2024) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN QUIZIZZ PAPER MODE TERHADAP PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran Geografi Sub Materi Kerjasama Negara Maju dan Berkembang di Kelas XII IPS SMAN 1 Cikatomas). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER.pdf Download (90kB) |
|
Text
2. PENGESAHAN.pdf Download (51kB) |
|
Text
3. PENGUJI.pdf Download (31kB) |
|
Text
4. PERNYATAAN.pdf Download (46kB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf Download (64kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR.pdf Download (115kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH.pdf Download (142kB) |
|
Text
8. DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (243kB) |
|
Text
9. BAB 1.pdf Download (136kB) |
|
Text
10. BAB 2.pdf Download (735kB) |
|
Text
11. BAB 3.pdf Download (611kB) |
|
Text
12. BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
13. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (202kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
Abstract
Pembelajaran yang dilakukan disekolah-sekolah masih terfokus kepada pembelajaran konvensional atau pembelajaran ceramah sehingga berimbas kepada tingkat pemahaman materi yang rendah, perolehan nilai yang rendah, motivasi yang rendah sampai kepada keaktifan belajar yang rendah pula. Salah satu cara untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tentang tahapan penerapan media pembelajaran quizizz paper mode dan pengaruh penerapan media pembelajaran quizizz paper mode terhadap peningkatan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran geografi sub materi kerjasama negara maju dan berkembang di kelas XII IPS SMAN 1 Cikatomas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini berjumlah 62 peserta didik yang terdiri dari kelas XII IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XII IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik analisis data untuk peningkatan keaktifan belajar peserta didik menggunakan Uji Wilcoxon. Hasil penelitian pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa tahapan penerapan media pembelajaran quizizz paper mode model Games Based Learning (GBL) yaitu pemilihan game, penjelasan konsep, aturan, bermain game, dan merangkum pengetahuan. Besaran pengaruh penerapan media pembelajaran quizizz paper mode model Games Based Learning (GBL) dilihat dari rata-rata nilai pretest sebesar 79 dan nilai posttest sebesar 86 dari hasil tersebut membuktikan bahwa telah terjadi kenaikan. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Quizizz Paper Mode, Keaktifan Belajar
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 02:18 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 02:18 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14019 |
Actions (login required)
View Item |