NURHASANAH, SYIFA (2024) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF ARTICULATE STORYLINE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK (Studi Eksperimen pada Mata Pelajaran Geografi Materi Dinamika kependudukan Indonesia di Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. cover.pdf Download (241kB) |
|
Text
2. pengesahan.pdf Download (61kB) |
|
Text
3. penguji.pdf Download (52kB) |
|
Text
4. pernyataan.pdf Download (60kB) |
|
Text
5. abstrak.pdf Download (233kB) |
|
Text
6. kata pengantar.pdf Download (334kB) |
|
Text
7. ucapan terimakasih.pdf Download (362kB) |
|
Text
8. daftar isi.pdf Download (520kB) |
|
Text
9. bab i.pdf Download (359kB) |
|
Text
10. bab ii.pdf Download (565kB) |
|
Text
11. bab iii.pdf Download (788kB) |
|
Text
12. bab iv.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
13. bab v.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) |
|
Text
14. daftar pustaka.pdf Download (477kB) |
|
Text
15. lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
16. riwayat hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (356kB) |
Abstract
memiliki keterbatasan untuk mengembangkan pembelajaran yang inovatif dan var�iatif. Hal ini dilihat dari model pembelajaran yang digunakan masih belum beragam dan lebih banyak menitikberatkan pada peran aktif guru. Selain itu metode yang sering digunakan yaitu metode cermah sehinggga peserta didik hanya menyimak serta mencatat yang disampaikan guru. Hal tersebut berampak pada kemampuan berpikir kritis peserta didik yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan yaitu (1) Untuk mengetahui tahapan pelaksanaan model problem based learning berbantuan media interaktif articulate storyline pada mata pelajaran geografi materi dinamika kependudukan Indonesia di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Tasikmalaya, (2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model problem based learning berbantuan media interaktif articulate storyline terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik di kelas XI IPS SMA Negeri 3 Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah quasi exsperiment dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Hasil penelitian menunjukan bahwa tahapan pelaksanaan model pembelajaran problem based learning yaitu 1) orientasi peserta didik pada masalah, 2) mengorganisasikan peserta didik untuk belajar, 3) membimbing penyelidikan individual maupun ke�lompok, 4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan 5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Populasi yaitu seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 3 Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 3 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Model problem based learning berbantuan media interaktif articulate storyline ber�pengaruh terhadap kemampuan berpikir peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata nilai gain pada kelas eksperimen sebesar 0,716. Sedangkan nilai rata�rata gain pada kelas kontrol sebesar 0,473. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pe�serta didik di kelas eksperimen memiliki peningkatan kemampuan berpikir kritis yang tinggi daripada peserta didik di kelas kontrol. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Media Interaktif Articulate Storyline, Kemampuan Berpikir Kritis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 02:15 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 02:15 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/14011 |
Actions (login required)
View Item |