UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE PERMAINAN BOLA BASKET DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

ATMAL, MUHAMAD (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLE PERMAINAN BOLA BASKET DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (40kB)
[img] Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (98kB)
[img] Text
3. PENGUJI.pdf

Download (76kB)
[img] Text
4. HALAMAN PRIBADI.pdf

Download (143kB)
[img] Text
4. PERNYATAAN.pdf

Download (65kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (31kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (66kB)
[img] Text
7. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (26kB)
[img] Text
8. DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB)
[img] Text
9. BAB 1.pdf

Download (123kB)
[img] Text
10. BAB 2.pdf

Download (233kB)
[img] Text
11. BAB 3.pdf

Download (231kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] Text
15. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
16. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)

Abstract

Tujuan ini penelitian untuk meningkatkan hasil belajar dribble permainan bola basket, dan membuat proses pembelajaran melalui model pembelajaran problem based learning yang dapat mendorong dan merangsang peserta didik untuk lebih aktif dan kreatif pada saat proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah semua siwa kelas 8F SMP Negeri 16 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2023/2024. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan penilaian yang terdapat di RPP tujuanya adalah untuk mengukur nilai proses dalam permainan bola basket, hasil penelitian menujukan bahwa menggunakan metode pembelajaran problem based learning dapat meningkat hasil belajar teknik dribble pada permainan basket. Berdasarkan hasil penelitian, pengolahan data, dan analisis data terdapat suatu perubahan dan peningkatan keterampilan, hasil belajar dari mulai tahap pra siklus dengan nilai rata-rata kelas sebesar 74,5 dengan persentase 37,5% pada siklus I mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 79,15 dengan persentase 65,62% selanjutnya disempurnakan pada siklus II dan terjadi peningkatan dengan nilai rata-rata kelas 83,25 dan persentase ketuntasan 87,5%. Maka terdapat peningkatan keterampilan dribble pada permainan bola basket model pembelajaran problem based learning. Kata Kunci: Dribble, Hasil Belajar, Pembelajaran, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 03 Sep 2024 03:08
Last Modified: 03 Sep 2024 03:08
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13950

Actions (login required)

View Item View Item