AULADDINY, KHOSYI (2024) PENGARUH MEDIA BELAJAR BERBASIS POWERPOINT TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SANTRI (Studi pada Pondok Pesantren Nashrul Haq Al Islamy). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
ABSTRACT.pdf Download (184kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (189kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (317kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (543kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (806kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) |
|
Text
COVER.pdf Download (36kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (183kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (188kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (188kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (194kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (182kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (353kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
LEMBAR DEWAN PENGUJI.pdf Download (251kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (313kB) |
|
Text
PERNYATAAN KEASLIAN KARYA ILMIAH.pdf Download (303kB) |
Abstract
Media pembelajaran dijadikan alternatif agar dapat menunjang kegiatan belajar siswa dapat berupa permainan yang menarik untuk belajar dan meningkatkan kecerdasan siswa. Pada jenjang pendidikan tidak hanya kecerdasan intelektual yang ditonjolkan, tetapi kecerdasan emosional pada siswa juga perlu dipertimbangkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah ada atau tidaknya pengaruh media belajar berbasis powerpoint terhadap kecerdasan emosional santri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif deskriptif, dengan mencari pengaruh variabel X dan Y. Populasi dalam penelitian ini yaitu santri dari ponpes Nashrul Haq Al Islamy kota Tasikmalaya dengan jumlah sampel 24 warga belajar. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian yaitu skala terbesar kategori media belajar berbasis powerpoint dengan jumlah 16 atau 67% dengan kategori berskala sedang dan kecerdasan emosional berjumlah 16 atau 67% dengan kategori berskala sedang. Berdasarkan hasil analisis determinasi R-square diperoleh nilai sebesar 0,205 yang artinya media belajar berbasis powerpoint (X) mempengaruhi kecerdasan emosional santri (Y) sebesar 20,5%, sedangkan sisanya 79,5% dipengaruhi faktor lain. Sehingga dapat ditarik kesimpulan Ha diterima dan Ho ditolak media belajar berbasis powerpoint berpengaruh terhadap kecerdasan emosional santri. Kemudian dengan tingkat korelasi antara variabel X dan Y adalah sebesar 0,452 yang diartikan tingkat hubungan korelasinya sedang. Kata kunci : Media Belajar Powerpoint, Kecerdasan Emosional
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Lelis Masridah |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 06:46 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 06:46 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13865 |
Actions (login required)
View Item |