PUTRI, ARIANDANI PRIYANTI (2024) PENGARUH TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR (Studi pada Warga Belajar dalam Program Kecakapan Wirausaha di LKP Gemilang Kota Tasikmalaya). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. COVER .pdf Download (82kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN .pdf Download (344kB) |
|
Text
3. PERNYATAAN .pdf Download (205kB) |
|
Text
4. MOTTO .pdf Download (135kB) |
|
Text
5. ABSTRAK .pdf Download (12kB) |
|
Text
6. KATA PENGANTAR .pdf Download (308kB) |
|
Text
7. UCAPAN TERIMAKASIH .pdf Download (85kB) |
|
Text
8. DAFTAR ISI .pdf Download (82kB) |
|
Text
9. BAB I .pdf Download (32kB) |
|
Text
10. BAB II .pdf Download (310kB) |
|
Text
11. BAB III .pdf Download (290kB) |
|
Text
12. BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
|
Text
13. BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (151kB) |
|
Text
15. LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Beberapa warga belajar dalam Program Kecakapan Wirausaha (PKW) tidak memperhatikan pembelajaran dengan baik serta beberapa warga belajar belum hadir saat pembelajaran dimulai sehingga berdampak pada hasil pembelajaran dibawah kriteria minimum nilai pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan mencari tahu pengaruh tingkat kedisiplinan belajar memiliki seberapa besar kontribusinya terhadap prestasi belajar pada warga belajar dalam Program Kecakapan Wirausaha di LKP Gemilang Kota Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif asosiatif. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling total. Instrumen yang digunakan adalah angket pernyataan. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa warga belajar dalam Program Kecakapan Wirausaha memiliki tingkat kedisiplinan belajar kategori tinggi dan memiliki tingkat prestasi belajar kategori sedang. Berdasarkan uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi 0,000 < dari alpha 0,05 dan nilai thitung 15,215 > 2,04 nilai ttabel maka dinyatakan bahwasannya H1 terbukti yaitu terdapat pengaruh signifikan pada variabel kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar dengan kontribusi sebesar 89,2%. Persamaan regresi menghasilkan nilai konstanta (a) 32,610 dan nilai koefisien regresi 0,422 yang berarti bahwa hasil penelitian memiliki arah positif yang berarti searah, apabila nilai X meningkat maka nilai Y akan meningkat pula. Hal tersebut menujukkan bahwa warga belajar sudah memiliki kesadaran akan sikap disiplin belajar dalam dirinya sehingga warga belajar mampu mengendalikan dirinya untuk terbiasa bersikap disiplin dalam belajar, oleh sebab itu warga belajar akan lebih mudah untuk meraih prestasi belajar dengan baik. Maka penulis menyimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kedisiplinan belajar akan menghasilkan prestasi belajar yang tinggi/optimal. Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar, Pelatihan Tata Boga, Program Kecakapan Wirausaha
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Masyarakat |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 07:46 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 07:46 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13796 |
Actions (login required)
View Item |