Ramdhani, Nabil (2024) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP LAYANAN INDIHOME PADA MEDIA SOSIAL DENGAN METODE EXTREME GRADIENT BOOSTING. Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
1. Cover.pdf Download (35kB) |
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (334kB) |
|
Text
3. Lembar Keaslian.pdf Download (196kB) |
|
Text
4. Motto & Persembahan.pdf Download (5kB) |
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (74kB) |
|
Text
6. Abstrak Bahasa.pdf Download (8kB) |
|
Text
7. Abstrak English.pdf Download (6kB) |
|
Text
8. Daftar Halaman.pdf Download (57kB) |
|
Text
9. Daftar Tabel.pdf Download (26kB) |
|
Text
10. Daftar Gambar.pdf Download (27kB) |
|
Text
11. Daftar Lampiran.pdf Download (25kB) |
|
Text
12. Bab 1.pdf Download (90kB) |
|
Text
13. Bab 2.pdf Download (411kB) |
|
Text
14. Bab 3.pdf Download (88kB) |
|
Text
15. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
|
Text
16. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
|
Text
17. Daftar Pustaka.pdf Download (147kB) |
|
Text
18. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (807kB) |
Abstract
IndiHome merupakan layanan komunikasi dan provider internet di Indonesia yang cukup besar. Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna, pemahaman terhadap sentimen publik terhadap IndiHome menjadi penting. Twitter (kini X) menjadi platform utama bagi pelanggan untuk berbagi pengalaman dan opini terkait layanan IndiHome. Analisis sentimen dengan machine learning menawarkan pendekatan yang efektif untuk memahami opini publik secara otomatis dari data teks dalam jumlah besar. Algoritma Extreme Gradient Boosting (XGBoost), dikenal dengan skalabilitas dan efisiensinya yang tinggi dalam menangani dataset besar, menjadi pilihan yang menjanjikan untuk analisis sentimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model klasifikasi sentimen menggunakan algoritma XGBoost yang optimal untuk memprediksi sentimen tweet secara akurat dan menganalisis sentimen terhadap layanan IndiHome berdasarkan pendapat pelanggan yang diungkapkan di Twitter menggunakan metode XGBoost. Metode penelitian ini dilakukan dengan 4 tahap, yaitu data collection & data cleaning, data preprocessing, modelling & evaluation, dan yang terakhir analysis. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Model XGBoost dengan parameter default mencapai akurasi sebesar 75%. Metode hyperparameter dengan Grid Search mencapai akurasi 77% dan Randomized Search mencapai akurasi 76%. Analisis sentimen dan word association mengungkapkan bahwa sentimen negative dominan, dengan keluhan utama terkait gangguan koneksi internet dan kualitas layanan. Penelitian ini memberikan viii wawasan berharga bagi IndiHome dalam memahami sentimen pelanggan dan mengidentifikasi area yang membutuhkan peningkatan. Kata Kunci: Analisis Sentimen, IndiHome, XGBoost
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Fakultas Teknik > Informatika |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 03:18 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 03:18 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13662 |
Actions (login required)
View Item |