PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL KOLB TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI HUKUM PERTAMA TERMODINAMIKA (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI SMAN 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024)

MAHARANI, NENG MARYAMAH (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL KOLB TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA MATERI HUKUM PERTAMA TERMODINAMIKA (Kuasi Eksperimen pada Peserta Didik Kelas XI SMAN 7 Tasikmalaya Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (106kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (70kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (72kB)
[img] Text
4. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf

Download (392kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (214kB)
[img] Text
6. UCAPAN TERIMA KASIH.pdf

Download (219kB)
[img] Text
7. DAFTAR-DAFTAR.pdf

Download (129kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf

Download (239kB)
[img] Text
9. BAB 2.pdf

Download (673kB)
[img] Text
10. BAB 3.pdf

Download (613kB)
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
15. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil studi pendahuluan yang menunjukkan rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa. Upaya untuk mengatasinya dengan penerapan model pembelajaran Experiential Kolb. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model Experiential Kolb terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi hukum pertama termodinamika pada siswa kelas XI SMA Negeri 7 Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian non�equivalent control group desain. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 7 Tasikmalaya sebanyak 6 kelas dengan jumlah 211 siswa. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen berjumlah 34 dan kelas XI MIPA 6 sebagai kelas kontrol berjumlah 36. Teknik pengumpulan data menggunakan tes uraian yang mencangkup indikator kemampuan pemecahan masalah. Instrumen dalam pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest pada masing-masing soal mencangkup 4 indikator kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis data menggunakan uji t pada taraf signifikansi (

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: Rema Puri Irma Sri Katon
Date Deposited: 27 Aug 2024 02:49
Last Modified: 27 Aug 2024 02:49
URI: http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13607

Actions (login required)

View Item View Item