KURNIASIH, NENENG (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUGMENTED REALITY TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI (Studi Eksperimen di Kelas XI SMAN 1 Jatiwaras Tahun Ajaran 2023/2024). Sarjana thesis, Universitas Siliwangi.
Text
01 Cover.pdf Download (18kB) |
|
Text
02 Lembar Pengesahan.pdf Download (279kB) |
|
Text
03 Lembar Pernyataan.pdf Download (98kB) |
|
Text
04 Abstrak.pdf Download (8kB) |
|
Text
05 Abstract.pdf Download (9kB) |
|
Text
06 Kata Pengantar.pdf Download (141kB) |
|
Text
07 Ucapan Terima Kasih.pdf Download (30kB) |
|
Text
08 Daftar Isi.pdf Download (46kB) |
|
Text
09 Daftar Tabel.pdf Download (29kB) |
|
Text
10 Daftar Gambar.pdf Download (89kB) |
|
Text
11 Daftar Lampiran.pdf Download (26kB) |
|
Text
12 BAB 1.pdf Download (135kB) |
|
Text
13 BAB 2.pdf Download (775kB) |
|
Text
14 BAB 3.pdf Download (1MB) |
|
Text
15 BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
|
Text
16 BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (27kB) |
|
Text
17 Daftar Pustaka.pdf Download (161kB) |
|
Text
18 LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
19 Daftar Riwayat Hidup.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
Abstract
Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik pada pembelajaran abad 21 karena keterampilan ini berguna untuk memecahkan permasalahan dan mengambil keputusan baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Salah satu upaya untuk meningkatkan hal tersebut melalui media pembelajaran augmented reality. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran augmented reality terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi di kelas XI SMAN 1 Jatiwaras tahun ajaran 2023/2024 semester genap. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMAN 1 Jatiwaras sebanyak lima kelas yang berjumlah 152 pesera didik. Sampel penelitian di kelas XI 5 sebanyak 30 orang peserta didik sebagai kelas eksperimen dan di kelas XI 6 sebanyak 27 orang peserta didik sebagai kelas kontrol. Sampel di ambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes uraian keterampilan berpikir kritis pada materi sistem ekskresi. Tes ini berupa soal sebanyak 15 soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t independent. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis menunjukan bahwa nilai signifikasi keterampilan berpikir kritis kurang dari 0,05 yaitu sebesar 0,000, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran augmented reality efektif terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi sistem ekskresi di kelas XI SMA Negeri 1 Jatiwaras tahun ajaran 2023/2024. Kata kunci : media pembelajaran, augmented reality, keterampilan berpikir kritis
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Rema Puri Irma Sri Katon |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 01:33 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 01:33 |
URI: | http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/13593 |
Actions (login required)
View Item |